Kompas TV regional berita daerah

Jumlah Hewan Qurban Di Masjid Al-Markaz Berkurang

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 16:34 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Jumlah hewan qurban yang diterima panitian qurban masjid al-markas di makassar saat ini alami penurunan jika di bandingkan lebaran tahun lalu.Kurang dari sepuluh hari menjelang idhul qurban  panitia qurban mesjid al-markaz al islami makassar  baru menerima sekitar sepuluh ekor sapi qurban 14/072021.

Jumlah ini jauh berkurang jika di bandingkan tahun lalu di waktu yang sama . Lebaran lalu  hewan qurban yang diterima panitia qurban masjid almarkas bisa mencapai 30 ekor  namun tahun ini  alami penurunan signifikan .

Turunnya jumlah hewan qurban ini disebabnya kondisi ekonomi masyarakat kota makassar  yang terdampak pandemi covid 19.
Jumlah hewan kurban ini, kata dia, telah menurun ketimbang tahun sebelumnya. Dulu, pihaknya bisa menyembelih hewan kurban mencapai 50 ekor.Ia menyebut, jika ada beberapa penyebab penurunan jumlah hewan kurban tahun ini. Salah satunya ialah kurangnya ekonomi warga akibat pandemi Covid-19. 

“Dari kemarin kan jumlah 40 lebih bahkan pernah 50-an sekarang ini 27. Selain itu, banyak yang donasinya ke sembako untuk masyarakat terdampak, kemudian bencana di Masamba banyak juga bawa sapi kurbannya ke sana,” jelasnya. 

Olehnya, paket daging yang akan diberikan kepada masyarakat pun juga turut berkurang. Adapun, kata dia, tahun ini ada 1.000 paket daging yang bakal disebarkan. “Yah hitung-hitungan saya mungkin kalau sekarang ini 1000-an. Kalau yang dulu bisa sampai 3000-an karena pernah memang 50 ekor apalagi kalau sapinya besar,” kata Masykur.

Sama halnya dengan penyembelihan yang dilakukan menggunakan protokol kesehatan, hal itu juga berlaku saat pembagian. Dimana panitia bakal langsung ke rumah penerima paket daging. “Makanya area ini harus steril, diusir orang yang tidak berkepentingan, disini yang boleh duduk yang berkurban, karena daging diantarkan ke rumahnya, jadi tidak berbondong-bondong orang,” tutupnya


#IDULADHA
#hewankurban
#idulkurban



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x