Kompas TV tekno aplikasi

Durasi Google Meet Kini Dibatasi Hanya 60 Menit untuk Pengguna Gratis

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 17:18 WIB
durasi-google-meet-kini-dibatasi-hanya-60-menit-untuk-pengguna-gratis
Ilustrasi Google Meet (Sumber: techradar.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Google telah menerapkan kebijakan baru untuk pengguna Google Meet gratis. Kini pengguna gratis hanya bisa mengadakan panggilan video conference selama 60 menit saja selama sehari.

Dilansir dari 9to5Google, nantinya ketika digunakan dan sudah di menit ke 55, maka Google Meet akan mengingatkan panggilan video itu harus diakhiri dalam waktu 5 menit berikutnya. Pengguna kemudian diminta untuk meng-upgrade akun Google mereka jika ingin melanjutkan panggilan.

Namun demikian, batas waktu hanya berlaku untuk panggilan dengan tiga peserta atau lebih. Jika panggilan video dilakukan satu lawan satu tetap bebas dari pembatasan durasi.

Google pertama kali menggratiskan layanan Meet untuk semua pengguna pada April 2020 dengan batas waktu panggilan 24 jam dan jumlah partisipan hingga 100 orang.

Baca Juga: Google Meet Perpanjang Versi Gratis sampai Akhir Juni 2021

Kemudian, Google membatasi Meet versi gratis pada 30 September 2020, tapi dibatalkan demi membantu pengguna tetap bisa berkomunikasi selama libur akhir tahun.

Google memperpanjang layanan Meet versi gratis sampai 31 Maret 2021, dan setelah itu diperpanjang lagi sampai 30 Juni 2021.

Karena Google tidak mengumumkan perpanjangan sebelum tenggat waktu tersebut, sekarang layanan Meet versi gratis untuk pengguna Gmail resmi dibatasi.

Opsi yang diberikan saat ini adalah dengan berlangganan layanan Google Workspace untuk individu dengan harga US$9,99 per bulan atau sekitar Rp1,5 jutaan (kurs Rp14.515).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x