Kompas TV nasional berita utama

Airlangga Hartarto: Singapura Tambah Bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen untuk Indonesia

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 14:58 WIB
airlangga-hartarto-singapura-tambah-bantuan-iso-tank-dan-liquid-oxygen-untuk-indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank sebanyak 24 unit. Bantuan Iso Tank sebanyak 24 unit dari Singapura akan dikirimkan secara bertahap dalam enam pekan ke depan.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terkait hasil kunjungannya ke Singapura, Rabu (14/7/2021).

“Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit,” ujarnya.

“Melalui Smart Gas akan dilakukan refurnished terhadap Iso Tank yang tersedia di Singapura dan sebagian lagi akan dipesan yang baru dari Tiongkok,” lanjut Menko Airlangga.

Airlangga Hartarto lebih lanjut menuturkan, Indonesia memperkirakan kebutuhan tambahan Iso Tank untuk pendistribusian oksigen sekitar 140 unit.

Baca Juga: Jokowi Imbau Anak-anak Tidak Takut Disuntik Vaksin Covid-19: Enggak Sakit Kok

Sejauh ini, kata Airlangga Hartarto, Singapura sudah memberikan bantuan lima Iso Tank. Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangka yang memiliki ukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas.

“Saat pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dan para Menteri Singapura selalu ditanyakan bantuan apa yang bisa dilakukan Singapura, terutama di dalam penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

“Pemerintah Indonesia berterima kasih atas respon cepat untuk menambah peralatan yang dibutuhkan untuk distribusi oksigen. Sekarang ini tantangannya memang bagaimana produksi oksigen yang ada bisa cepat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Fraksi PKS Minta Mensos Risma Tarik Pernyataannya Soal Pemindahan ASN ke Papua

Dalam pernyataannya, Airlangga Hartarto mengaku juga menggelar pertemuan dengan para pengusaha Indonesia di Singapura. Dalam pertemuan tersebut, kata Airlangga, para pengusaha Indonesia di Singapura berinisiatif mengumpulkan bantuan oxygen concentrator.

Airlangga mengatakan, hingga saat ini bantuan yang sudah terkumpul 11 ribu oxygen concentrator, dan pengiriman pertama sebanyak 1.500 unit sudah tiba di Jakarta.

Kolaborasi antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Singapura diorganisir oleh Temasek. Sementara, Istri PM Singapura, Ho Ching turun tangan langsung untuk memastikan donasi itu bisa terkumpul dan dikirimkan ke Indonesia sesegera mungkin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.