Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Daftar Institusi yang Membuka Seleksi CPNS bagi Lulusan SMA/SMK, Cek di Laman ssacsn.bkn.go.id

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 16:45 WIB
daftar-institusi-yang-membuka-seleksi-cpns-bagi-lulusan-sma-smk-cek-di-laman-ssacsn-bkn-go-id
Ilustrasi Pelaksanaan seleksi CPNS pada 2017. (Sumber: KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK telah dibuka sejak 30 Juni 2021. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman SSACSN yaitu, ssacsn.bkn.go.id.

Seleksi pendaftaran CPNS 2021 membuka kesempatan bagi setiap jenjang lulusan, mulai dari lulusan SMA/SMK sederajat, hingga lulusan S2. Lalu, instansi mana saja yang membuka formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA, berikut daftarnya.

1. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan HAM merupakan salah satu institusi yang membuka lowongan terbanyak bagi lulusan SMA/SMK. Secara keseluruhan, ada 3.971 formasi CPNS 2021 untuk SMA di Kemenkumham.

Jabatan yang bisa diisi para pelamar CPNS lulusan SMA di kementerian tersebut yakni penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian.

2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

KLHK membuka 245 formasi CPNS SMA atau SMK untuk tahun 2021. Jabatan yang dibuka untuk lulusan SMA/SMK yakni jabatan Pemula-Pengendali Ekosistem Hutan dan Pemula-Polisi Kehutanan.

3. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian yang saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto ini juga membuka formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

Formasi tersebut yakni untuk jabatan pengemudi ambulans sebanyak 2 formasi, dan sebanyak 17 formasi untuk Pemula-Kataloger.

Baca Juga: Banyak Pelamar Bingung, BKN Jelaskan Detail Kualifikasi Pendidikan CPNS dan PPPK

4. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung membuka 990 formasi untuk lulusan SMA/sederajat. Di antaranya yaitu, Tenaga Administrasi Penanganan Perkara. Formasi yang dibuka yakni sebanyak 496 formasi. Formasi CPNS untuk lulusan SMA dan sederajat lainnya adalah Pengawal

5. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan membuka banyak jabatan yang bisa didaftar oleh lulusan SMA/SMK. Namun demikian, jumlah formasi yang dibuka di setiap jabatan cukup terbatas. Secara keseluruhan sebanyak 684 formasi CPNS Kemenhub dibuka untuk lulusan SMA/SMK.

6. Badan Intelijen Negara

BIN membuka sebanyak 26 lowongan CPNS 2021 untuk lulusan SMA/SMK. Hal tersebut sesuai dengan Pengumuman Nomor: Peng-03/VI/2021 tentang Seleksi Penerimaan CPNS BIN Tahun Anggaran 2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x