Kompas TV nasional kesehatan

Menkes Minta Seluruh Layanan Fasilitas Kesehatan Bersiap Hadapi Lonjakan Covid-19 hingga Akhir Juli

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 13:31 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kenaikan angka positif covid-19 bisa terjadi hingga pertengahan bulan Juli ini.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan kenaikan angka positif corona dalam jumlah yang signifikan akan terus berlangsung hingga akhir bulan Juli.

Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Menkes Budi Gunadi menyebut, prediksi soal ini dilakukan dengan sangat hati-hati berdasarkan kalkulasi dan pengalaman gelombang pertama dan dari India.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta fasilitas kesehatan bersiap dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi hingga akhir Juli 2021.

"Kalau saya melihat, mungkin kita harus antisipasi sampai akhir bulan ini, kita harus benar-benar mempersiapkan fasilitas kesehatan kita," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Selasa (13/7/2021).

Berkaca pada gelombang pertama, awalnya ia memprediksi lonjakan kasus hanya terjadi pada dua pekan pertama Juli.

Namun, setelah melakukan rekalkulasi, lonjakan kasus Covid-19 diprediksi dapat bertahan hingga akhir Juli seiring cepatnya penularan seusai Lebaran.

"Begitu ketika lihat kenaikannya cepat sekali dalam dua minggu sesudah Lebaran, kita melakukan rekalkulasi berdasarkan data-data yang ada di India karena kenaikannya juga cepat sekali," kata Budi.

Oleh sebab itu, Budi mewanti-wanti seluruh pihak agar membatasi mobilitas guna mencegah penularan Covid-19, khususnya yang disebabkan oleh varian Delta. Ia mengingatkan, apabila penularan Covid-19 kembali melonjak maka kapasitas rumah sakit pun akan semakin penuh.

"Kalau sudah sampai rumah sakit itu sudah di hilir, itu sudah akibat. Kita mesti benar-benar mendidik mengajak semua rakyat agar di depannya kita perketat," ujar Budi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x