Kompas TV TALKSHOW inspirasi sehat

Aktivitas yang Membantu Cegah Depresi di Tengah Pandemi

Rabu, 14 Juli 2021 | 12:47 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Sobat sehat, pandemi covid-19 saat ini banyak membawa perubahan terhadap kehidupan masyarakat.

Bahkan, dampak menurunnya aktifitas yang cukup signifikan, membuat sebagian masyarakat cenderung depresi, dikarenakan terlalu lama berada di rumah.

Depresi yang dialami orang dewasa, biasanya cenderung menurunkan aktifitas.

Berberapa gejala depresi yang kerap dialami masyarakat di masa pandemi saat ini yaitu, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Kehilangan nafsu makan, hilangnya ketertarikan pada kegiatan yang biasanya di lakukan, mudah merasa Lelah, tidak bersemangat, dan merasa putus asa atau tidak berdaya.

Dari laman Detik.com, secara umum gangguan kejiawaan dibagi dua jenis, yakni psikotik dan non psikotik. Pasien dengan gangguan jiwa psikotik, biasanya tidak bisa menilai diri sendiri dan lingkungan sekitarnya, sehingga harus menjalani perawatan.

Sedangkan pasien gangguan jiwa kategori nonpsikotik, masih dapat menilai diri sendiri dan lingkungan.

Dikutip dari laman Hallosehat.com, depresi dapat dikategorikan dalam kelompok usia, yaitu anak anak, remaja dan lansia.

Depresi pada anak, umumnya terlihat dari perasaan yang sedih dan cenderung ingin selalu dekat dengan oran tuanya. Kondisi ini membuat anak anak malas untuk sekolah dan beraktifitas.

Lalu pada orang dewasa atau remaja. Remaja yang mengalami depresi biasanya lebih mudah emosi atau marah, merasa sensitif, dan menjauh dari pergaulan.

Lalu yang terakhir, depresi pada lanjut usia. Walau pada umumnya gejala depresi yang dialami oleh orang lanjut usia tidak jauh berbeda dengan remaja, akan tetapi dapat muncul gejala lain yang mengikuti, seperti mudah lelah, pikun atau mudah lupa, dan muncul keinginan untuk mengakhiri hidup.

Disclaimer: Program ini sudah tayang pada 3 Maret 2021

Penulis : Natasha Ancely

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


AIMAN

Siapa Dalang Tragedi?

Selasa, 14 September 2021 | 07:10 WIB
Beranda Islami

Kisah Masuk Surga karena Seekor Burung

Selasa, 14 September 2021 | 06:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19