Kompas TV nasional hukum

Belum Terima Vonis Ringan, KPK Ajukan Kasasi Putusan Banding Nurhadi dan Rezky Herbiyono

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 05:45 WIB
belum-terima-vonis-ringan-kpk-ajukan-kasasi-putusan-banding-nurhadi-dan-rezky-herbiyono
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memperkuat vonis 6 tahun penjara terhadap terdakwa Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono.

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi bersama Rezky Herboyono masing-masing divonis 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Keduanya terbukti secara sah dan meyakinkan menerima suap senilai Rp35,726 miliar dari Hiendra Soenjoto terkait pengurusan dua gugatan.

Baca Juga: Terdakwa Kasus Suap dan Gratifikasi Nurhadi Pukul Petugas Rutan KPK

Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding menyatakan tim JPU yang diwakili Wahyu Dwi Oktafianto telah mengajukan upaya hukum kasasi melalui Kepaniteraan Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk perkara dengan terdakwa Nurhadi dan terdakwa Rezky Herbiyono pada Selasa (13/7/2021).

Ipi menjelaskan alasan kasasi terhadap putusan PT DKI Jakarta terhadap Nurhadi dan Rezky Herbiyono lantaran seluruh argumentasi yang menjadi dasar memori banding yang diajukan oleh tim JPU tidak diakomodasi oleh majelis hakim tingkat banding.

Di antaranya lama pidana badan yang belum memenuhi rasa keadilan, jumlah uang suap dan gratifikasi belum sesuai dengan apa yang dituntut.

"Serta yang utama terkait dengan kewajiban pembayaran uang pengganti bagi para terdakwa," ujar Ipi.

Baca Juga: Ferdy Yuman, Terdakwa Halangi Penyidik KPK Kasus Nurhadi Akan Jalani Sidang Perdana

Adapun putusan PT DKI Jakarta yang dibacakan Senin (28/7/2021) adalah, menerima permintaan banding dari JPU dan penasihat hukum para terdakwa, menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor: 45/Pid.Sus-TPK2020/PN.Jkt.Pst.

Kemudian menetapkan para terdakwa tetap ditahan dalam rumah tahanan negara, serta membebankan kepada para terdakwa membayar biaya perkara dalam dua tingkat peradilan yang dalam tingkat banding masing-masing sebesar Rp5 ribu.

Sebelumnya pada 10 Maret 2021, majelis hakim pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis kepada Nurhadi dan Rezky Herbiyono dengan hukuman 6 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 3 bulan.

Baca Juga: Nurhadi dan Rizky Herbiyono Divonis 6 Tahun Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan JPU KPK

Keduanya karena terbukti menerima suap sejumlah Rp35,726 miliar serta gratifikasi dari sejumlah pihak sebesar Rp13,787 miliar.

Vonis tersebut lebih rendah dibanding tuntutan JPU KPK yang meminta agar Nurhadi divonis 12 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Sedangkan menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono dituntut 11 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.