Kompas TV regional berita daerah

Pasokan Oksigen Terlambat Datang, RSUD Blitar Tutup Sementara Penerimaan Pasien

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 03:30 WIB
pasokan-oksigen-terlambat-datang-rsud-blitar-tutup-sementara-penerimaan-pasien
Sebuah banner terpasang di depan pintu IGD RSUD Mardhi Waluyo Kota Blitar berisi penutupan sementara pasien baru Covid-19 dengan kebutuhan oksigen, Selasa (13/7/2021). (Sumber: Dok. RSUD Mardhi Waluyo)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

BLITAR, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mardhi Waluyo, Kota Blitar, Jawa Timur, untuk sementara tak menerima pasien dengan perawatan oksigen, termasuk yang terpapar Covid-19.

Wakil Direktur RSUD Mardhi Waluyo, Herya Putra Dharma mengungkapkan, kebijakan tersebut terpaksa dilakukan lantaran adanya keterlambatan pasokan oksigen, baik liquid maupun tabung.

Dalam pengumuman, Selasa (13/7/2021), IGD RSUD Mardhi Waluyo disebutkan bakal menutup permintaan pelayanan sampai waktu yang belum ditentukan.

"Tapi begitu pasokan oksigen datang dan level oksigen sudah naik, maka pelayanan IGD untuk pasien yang membutuhkan oksigen akan langsung kami buka," kata Herya, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa.

Baca Juga: Terima Bantuan 1.000 Tabung Oksigen dari Shopee, Menkes Prioritaskan Wilayah Jawa-Bali

Lebih lanjut, Herya menerangkan, stok oksigen di RSUD Mardhi Waluyo saat ini hanya cukup untuk pasien yang sedang dirawat.

"Yang oksigen cair tinggal beberapa jam ke depan, tapi sepertinya pasokan sudah datang. Mungkin saat ini sedang proses pengisian. Tapi yang tabung tinggal yang terpasang pada pasien yang ada," jelasnya.

Herya menambahkan, pihak rumah sakit juga sedang mengupayakan kiriman tabung oksigen dari Tulungagung.

Bahkan, inisiatif untuk menjemput bola pun dilakukan dengan mengirim kendaraan menuju lokasi pengambilan tabung oksigen di Tulungagung.

Baca Juga: Sea Group Berikan Sumbangan 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin untuk Indonesia



Sumber : Kompas,com

BERITA LAINNYA



Close Ads x