Kompas TV internasional kompas dunia

Thailand Gabungkan Vaksin Covid-19 untuk Warganya: Suntikan Pertama Sinovac, Kedua AstraZeneca

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 21:38 WIB
thailand-gabungkan-vaksin-covid-19-untuk-warganya-suntikan-pertama-sinovac-kedua-astrazeneca
Sekitar 63 persen penduduk di Pulau Phuket, Thailand selatan, telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 seiring pulau tersebut dijadwalkan untuk dibuka kembali pada 1 Juli 2021, Kamis (17/06/2021) (Sumber: AP Photo/Sakchai Lalit)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

BANGKOK, KOMPAS.TV -- Pada Senin (12/07/2021), Thailand memutuskan untuk menyesuaikan kebijakan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya dengan menggabungkan vaksin buatan Sinovac dengan vaksin AstraZeneca. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan imunitas terhadap virus corona di tengah peningkatan kasus baru varian Delta.

Seperti dilansir Xinhua, Selasa, (13/07/2021), Komite Penyakit Menular Nasional Thailand memutuskan untuk memberikan vaksin AstraZeneca kepada warga sebagai dosis kedua setelah mereka menerima vaksin Sinovac sebagai dosis pertama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul, dalam konferensi pers.

Anutin menyebutkan akan ada jeda selama tiga sampai empat pekan antara pemberian dosis pertama vaksin buatan Sinovac dan dosis kedua vaksin buatan AstraZeneca.

Sementara para tenaga kesehatan, yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, juga akan menerima dosis ketiga sebagai booster menggunakan vaksin AstraZeneca atau Pfizer, menurut Charnvirakul.

Negeri Gajah Putih di Asia Tenggara itu memerangi lonjakan kasus baru selama sebulan terakhir, dengan pesatnya penyebaran varian Delta yang sangat menular sehingga membawa tekanan berat bagi sistem pelayanan kesehatan yang sudah kewalahan.

Baca Juga: Ratusan Nakes Thailand Kembali Terinfeksi Covid-19 Walau Sudah Vaksinasi Penuh

Seorang tenaga kesehatan tengah menyuntikkan vaksin AstraZeneca pada seorang warga Klong Toey, kawasan yang baru-baru ini mengalami lonjakan kasus penularan Covid-19, di Bangkok, Thailand, Senin (10/5/2021). (Sumber: P Photo/Vichan Poti)

Pemerintah Thailand juga memutuskan untuk menerapkan isolasi di rumah atau program isolasi masyarakat bagi mereka yang didapati terjangkit namun hanya mengalami gejala ringan atau tidak mengalami gejala sama sekali, papar Anutin.

Untuk mengatasi situasi yang semakin memburuk, negara itu memberlakukan pembatasan yang lebih ketat di wilayah-wilayah yang terdampak parah, termasuk ibu kota Bangkok dan lima provinsi di sekitarnya.

Pembatasan itu, termasuk jam malam, larangan berkumpul lebih dari lima orang dan perjalanan nonesensial, serta penutupan pusat perbelanjaan, mulai berlaku pada Senin hingga setidaknya 14 hari ke depan.

Hari Senin, Thailand melaporkan 8.656 kasus baru, menandai penurunan kasus harian pertama dalam sepekan. Total kasus infeksi pun melonjak ke angka 345.027. Angka kematian akibat Covid-19 secara kumulatif naik menjadi 2.791, bertambah 80 dalam 24 jam terakhir.

Hingga Senin, negara itu telah menyuntikkan lebih dari 12,5 juta dosis vaksin, dengan kurang dari 5 persen dari total penduduk yang berjumlah hampir 70 juta jiwa sudah divaksinasi.



Sumber : Kompas TV/Xinhua

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.