Kompas TV video sinau

Negara dengan Garis Pantai Terpanjang, Indonesia Nomor Berapa?

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 10:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Setiap wilayah memiliki panjang garis pantai yang berbeda, yang dipengaruhi faktor alam dan faktor geografis.

Ada beberapa negara di dunia yang tercatat memiliki garis pantai terpanjang. Melansir WorldAtlas, berikut 5 negara dengan garis pantai terpanjang:

1. Kanada

Kanada merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, panjanganya mencapai 202.080 kilometer.

Hampir di sebagai besar provinsi dan wilayah teritori Kanada memiliki garis pantai dengan tipe serta karakteristik yang berbeda.

2. Indonesia

Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang di dunia, panjangnya mencapai 99.083 kilometer.

Tiap pantai di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda, karena dipengaruhi faktor alam serta campur tangan manusia.

Misalnya, di sepanjang Pulau Kalimantan dengan keragaman hutan bakau yang subur, atau di sepanjang Pantai Utara Jawa dan barat daya Sulawesi yang dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya tambak udang.

3. Norwegia

Norwegia memiliki garis pantai terpanjang nomor 3 di dunia, dengan total panjang mencapai 58.133 kilometer.

Bentuk garis pantai di Norwegia cenderung tidak beraturan dan berlekuk, karena ada banyak pulau di sepanjang garis pantainya.

4. Rusia

Rusia memiliki total garis pantai sepanjang 37.653 kilometer atau setara 23,396 mil. Garis pantai di Rusia terbagi dengan Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, serta sejumlah lautan.

Sebagian besar penduduk Rusia menetap di sepanjang garis pantai. Hal ini dikarenakan sejumlah kota besarnya seperti St. Petersburg, Vladivostok, hingga Baltiysk terletak di sepanjang pantai.

5. Filipina

Filipina termasuk dalam negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, total panjangnya mencapai 36.289 kilometer.

Sebagai salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara, Filipina memiliki 7.641 pulau. Selain itu, Filipina memiliki bentuk garis pantai yang tidak teratur, mayoritas berbentuk pulau kecil dan teluk.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : WorldAtlas

BERITA LAINNYA



Close Ads x