Kompas TV kuliner cerita rasa

Makanan Khas Negeri Palauw Saat Tradisi Tatiana

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 11:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Indonesia adalah negeri yang kaya. Kaya akan keindahan alam dan juga kaya akan tradisi. Kali ini Benoe akan menuju desa Pelauw di Pulau Haruku, kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku. Benoe akan melihat secara langsung acara adat Negeri Pelauw, yakni Tradisi Ma’a Tatiana atau Akikah dari artis cilik Husein Latuconsina. Husein merupakan Anak Adat Negeri Pelauw keturunan Latuconsina. Husein Latuconsina lahir dan besar di pulau Jawa. Ini merupakan kali pertamanya datang ke Pelauw, karenanya Husein wajib menjalani serangkaian ritual adat.

Masyarakat Negeri Pelauw masih menjunjung tinggi dan mempertahankan adat dan istiadat serta tradisi. Salah satunya adalah Tradisi Ma’a Tatiana atau Akikah yang turun temurun dilakukan untuk memperkenalkan agama dan nilai-nilai adat pada anak keturunan Negeri Pelauw. Tradisi yang dirayakan secara adat dan budaya lokal ini juga bertujuan memperkenalkan bumi dan alam sekitar sebagai sumber kehidupan. Husein menjalani Akikah bersama dengan beberapa anak Negeri Pelauw. Ritual Akikah harus dijalani oleh setiap anak.

Selama acara Benoe menikmati beragam hidangan khas Negeri Pelauw. Untuk makan siang Benoe memilih menikmatinya di pinggir pantai. Hampir sebagian besar lauk yang disajikan menggunakan ikan. Sayur Pare ditambah Ikan Asar atau Ikan Asap. Tumis Kangkung dan Bunga Pepayapun ditambahkan ikan. Aneka lauk dimakan dengan Kaboro, Tomang, Singkong, atau Keladi Rebus. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.