Kompas TV nasional peristiwa

Kata Pimpinan DPR RI Terkait Usulan Kompleks Parlemen Disulap jadi RS Darurat

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 19:13 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA.KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara terkait ramai-ramai usulan gedung DPR RI dijadikan rumah sakit darurat pasien covid-19.

Kepada wartawan, Sufmi Dasco Ahmad menunjukkan bagaimana sejumlah ruangan gedung DPR jika hendak digunakan sebagai rumah sakit darurat covid-19.

Ia menyebut fasilitas dan sisi bangunan gedung tak semua bisa digunakan untuk pelayanan medis.

Ia mencontohkan ruang rapat paripurna yang sebelumnya diusulkan menjadi bangsal yang kemudian dirasa kurang memungkinkan karena posisi lantai miring.

“kami menyambut baik usulan tersebut dan kami tidak keberatan pada prinsipnya, tapi tadi teman teman sudah melihat peninjauan teknis dan secara langsung dan tentu sudah bisa mengambil kesimpulan apakah mungkin atau tidak,”ujar Sufmi

Selain itu, Lift di gedung DPR RI berukuran kecil sehingga sulit jika digunakan untuk memindahkan mengangkut kasur medis.

“Mungkin yang tersisa dari seluruh area yang tadi mau dipergunakan ya hanya lapangan ukuran 80x90 dan tentu tidak bisa dibikin bertingkat hanya tenda darurat dan di sini harus dipikirkan bagaimana kamar mandi, dan ini juga bukan hanya perawatannya saja tapi tempat dokter, listrik air, dan lain lain,”ujar Sufmi.

“Sementara di sekitar area DPR ini masih banyak tempat yang bisa dipakai untuk rumah sakit darurat misalnya istora atau gedung yang bisa digunakan,”lanjutnya.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x