Kompas TV internasional kompas dunia

Wabah Kolera Tewaskan 325 Orang di Nigeria pada Paruh Pertama 2021

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 19:23 WIB
wabah-kolera-tewaskan-325-orang-di-nigeria-pada-paruh-pertama-2021
Foto dokumen ini menunjukkan sejumlah petugas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memantau klorinasi air selama proses pelacakan kasus baru kolera dari rumah ke rumah di Kota Mubi, Negara Bagian Adamawa, Nigeria, pada 6 Juni 2018. (Sumber: Xinhua/NAN)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LAGOS, KOMPAS.TV - Wabah kolera telah menewaskan 325 orang di 15 negara bagian dan ibu kota Nigeria antara Januari hingga Juni tahun ini, kata Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (Nigeria Center for Disease Control/NCDC) dalam sebuah laporan.

Dalam pembaruan data terkait wabah kolera di Nigeria pada Sabtu (10/07/2021), badan kesehatan tersebut menyampaikan total 14.343 kasus dugaan penyakit itu dengan 325 kematian dilaporkan dari 15 negara bagian dan Wilayah Ibu Kota Federal (Federal Capital Territory/FCT) selama periode tersebut.

Menurut laporan itu, sekitar 27 persen dari jumlah kasus dugaan penyakit tersebut di seluruh Nigeria diderita oleh mereka yang berusia 5 hingga 14 tahun.

Baca Juga: 45 Warga Sipil Tewas Dibantai Kelompok Militan di Faru, Nigeria

Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan edukasi kepada penduduk setempat soal kebersihan dan tindakan pencegahan selama proses pelacakan kasus baru kolera dari rumah ke rumah di Kota Mubi, Negara Bagian Adamawa, Nigeria, pada 6 Juni 2018. (Sumber: Xinhua/NAN)

NCDC menambahkan pihaknya telah memberikan dukungan kepada negara-negara bagian untuk memastikan respons yang terkoordinasi, cepat, dan efektif dalam menangani wabah yang merebak saat ini, termasuk pengerahan tim tanggap cepat guna mendukung respons di tingkat negara bagian, penyediaan pasokan medis dan laboratorium, serta meningkatkan komunikasi risiko di antara aktivitas lainnya.

Baca Juga: Diduga Terpapar Virus Kolera, Ratusan Bangkai Babi Dibuang ke Danau Siombak

Kolera merupakan penyakit sangat ganas yang dalam bentuk terparahnya ditandai dengan serangan diare cair akut mendadak yang dapat menyebabkan kematian karena dehidrasi parah.

Wabah itu sering dilaporkan terjadi di Nigeria akibat kurangnya pasokan air minum, terutama di wilayah-wilayah padat penduduk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x