Kompas TV internasional kompas dunia

Hampir 70 Warga India Tewas Tersambar Petir Dalam Sehari

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 18:59 WIB
hampir-70-warga-india-tewas-tersambar-petir-dalam-sehari
Ilustrasi hujan petir. Korban tewas di Uttar Pradesh pada Senin bertambah menjadi 42 orang, sementara tujuh korban tewas lainnya berada di Madhya Pradesh dan sedikitnya 20 orang menjadi korban jiwa di Rajasthan pada Minggu (11/07/2021), menurut laporan media setempat. (Sumber: The West Australian via tribunnews)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Sambaran petir di tengah hujan lebat menewaskan hampir 70 orang dan melukai banyak orang dalam 24 jam terakhir.

Insiden nahas itu terjadi di tiga negara bagian India, yakni di Uttar Pradesh, Rajasthan, dan Madhya Pradesh, kata pejabat pemerintah setempat seperti dilansir Antara, Senin (12/07/2021).

Korban tewas di Uttar Pradesh pada Senin bertambah menjadi 42 orang, sementara tujuh korban tewas lainnya berada di Madhya Pradesh, dan sedikitnya 20 orang menjadi korban jiwa di Rajasthan pada Minggu (11/07/2021), menurut laporan media setempat. 

Pejabat Uttar Pradesh Disaster Control Room di Ibu Kota Lucknow melalui telepon mengonfirmasi 42 korban tewas berasal dari 17 distrik di Uttar Pradesh.

Baca Juga: Disambar Petir Saat Selfie, 11 Orang Tewas di India

Perdana Menteri Narendra Modi menuliskan di Twitter, "Banyak orang kehilangan nyawa akibat sambaran petir di sejumlah daerah di Rajasthan. Ini sangat menyedihkan. Saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam bagi keluarga korban."

Kepala Menteri Rajasthan Ashok Gehlot mengumumkan, dana kompensasi bagi anggota keluarga korban sebesar 5 lakh rupee atau setara Rp97,1 juta.

Di Uttar Pradesh sendiri angka kematian yang disebabkan sambaran petir akhir pekan lalu sebanyak 37 orang. Di wilayah Prayagraj sendiri dilaporkan terjadi 14 kasus kematian.

Kebanyakan kematian tersebut terjadi di pedesaan di sekitar negara bagian dan mayoritas dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x