Kompas TV regional update corona

Rekor! DKI Jakarta Catat 14.619 Kasus Covid-19 Hari Ini

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 16:41 WIB
rekor-dki-jakarta-catat-14-619-kasus-covid-19-hari-ini
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/6/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut penambahan angka positif Covid-19 di DKI Jakarta hari ini, Senin (12/7/2021) mencapai 14.619 kasus baru.   

"Ya memang kalo melihat data, positif hari ini meningkat ya sampe 14.619 kasus, ini rekor ya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin. 

Namun, Riza memberi catatan bahwa angka yang tinggi disebabkan salah satunya karena tes swab PCR di wilayah Jakarta yang juga tinggi, yakni hampir 20 kali dari standar yang ditentukan oleh World Health Organization (WHO)

"Tapi perlu diketahui ini disebabkan salah satunya adalah karena memang tes PCR kami tertinggi, sudah hampir 20 kali dari standar yang diminta oleh WHO," ujar Riza. 

Riza menambahkan, ini memang cara yang dilakukan oleh Pemprov DKI, yakni dengan meningkatkan 3T; tracing, testing, dan treatment. 

"Untuk masyarakat, semakin cepat kita melakukan tracing, maka semakin cepat kita lakukan treatment," kata Riza. 

Baca Juga: Viral Aduan di Aplikasi JAKI, Wagub DKI Tegaskan Akan Jamin Data Pelapor

Riza juga mengatakan bahwa Pemprov terus berupaya meningkatkan berbagai fasilitas mulai dari rumah sakit rujukan, kapasitas tempat tidur dan ruang ICU, ketersediaan oksigen, obat-obatan, vitamin, dan terutama tenaga kesehatan yang tidak mudah. 

"Terutama tenaga kesehatan yang (penambahannya) tidak mudah, tidak bisa disulap begitu saja, karena harus memiliki kompetensi dan persyaratan khusus melalui proses yang tidak mudah," ujarnya.

Ia pun berharap agar masyarakat turut bekerjasama untuk menekan penularan Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan dan tetap di rumah kecuali jika ada sesuatu yang penting dan mendesak. 

"Harapannya dengan demikian, orang bisa segera mengurangi dan memutus mata rantai penularan Covid-19. Mudah-mudahan ke depan bisa semakin menurun kasus positifnya, kasus aktifnya," ujar Riza. 

Baca Juga: Wagub DKI Riza Patria: Okupansi Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Jakarta 93 Persen, ICU 87 Persen

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x