Kompas TV video sinau

Pedri Raih Penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala Eropa 2020

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 16:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Kemenangan di ajang Piala Eropa 2020 berhasil diraih Italia setelah mengalahkan Inggris dengan skor 3-2 melalui adu penalti.

Usai partai final, UEFA membagikan sejumlah penghargaan individual bagi pemain yang turut berlaga di kompetisi Kejuaraan Eropa ini.

Salah satunya adalah penghargaan Pemain Muda Terbaik, yang diberikan kepada bintang muda timnas Spanyol, Pedri.

Pemilik nama lengkap Pedro Gonzalez Lopez tersebut merupakan pemain termuda yang ada di dalam skuad Spanyol untuk Piala Eropa 2020.

Meski usianya saat ini baru 18 tahun 8 bulan, Pedri terbukti tampil impresif sepanjang turnamen.

Pedri bahkan menjadi pemain dengan daya jelajah tertinggi di Piala Eropa 2020, yakni dengan catatan 76,1 km.

Berdasarkan statistik dari UEFA, Pedri juga memiliki akurasi umpan mencapai 92,3 persen dan mampu menggiring bola sejauh 38,23 km dalam 6 penampilan.

Pedri menjadi starting line-up di semua pertandingan Spanyol sepanjang Piala Eropa 2020 dengan total 629 menit bermain.

Pemain muda yang juga gelandang Barcelona itu hanya digantikan saat perpanjangan waktu di laga melawan Swiss pada partai perempat final.

Saat melawan Italia di semifinal, ia sukses melakukan 65 dari 66 percobaan umpan selama 120 menit aksi.

“Apa yang telah Pedri lakukan di turnamen ini, pada usia 18 tahun, belum ada yang melakukannya. Bahkan Andres Iniesta tidak melakukannya. Itu luar biasa unik,” ujar pelatih timnas Spanyol Luis Enrique, seperti dikutip dari laman resmi UEFA, Senin (12/7/2021).

UEFA mempertimbangkan sejumlah syarat dalam menentukan siapa peraih gelar ini, seperti pemain tersebut lahir pada atau setelah 1 Januari 1998.

Selain itu, performa individu dan pengaruhnya terhadap tim, serta sikap positif dan respect dari pemain yang berdampak pada tim juga menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan.

Pedri menjadi pemenang kedua penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala Eropa. Sebelumnya gelar ini diraih oleh Renato Sanches dari Portugal pada tahun 2016 lalu.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x