Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Wings Air Hentikan Penerbangan Makassar-Baubau Hingga 20 Juli 2021

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 14:05 WIB
wings-air-hentikan-penerbangan-makassar-baubau-hingga-20-juli-2021
Maskapai Wings Air saat melakukan pendaratan dan Bandara Betoambari Baubau, belum lama ini. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

KENDARI, KOMPAS.TV – Maskapai Wings Air menghentikan sementara operasional penerbangannya untuk rute Makassar-Baubau, dan Baubau-Kendari yang dimulai tanggal 8-20 Juli 2021.

Kepala Teknis, Operasional, Keamanan dan Pelayanan darurat (TOKPD) Bandar Udara Betoambari Baubau La Rano menyampaikan, penghentian sementara penerbangan Wings Air karena adanya surat edaran dari tiga menteri.

Surat edaran tersebut yakni, dari Menteri Perhubungan tentang syarat perjalanan saat pemberlakuan PPKM, Satgas Covid-19 dan Gubernur Sulawesi Tenggara yang mewajibkan penumpang pesawat harus bebas dari Covid-19, dibuktikan dengan hasil PCR. Sedangkan alat PCR belum cukup memadai di Baubau.

"Karena belum ditunjang fasilitas PCR yang memadai makanya penumpang agak diberatkan sehingga tren penumpang turun. Jadi untuk menghindari kerugian makanya maskapai hentikan penerbangannya sampai tanggal 20 Juli," terang Rano, Senin (12/7/2021) dikutip dari Antaranews.com

Baca Juga: Maskapai Wings Air Buka Rute Penerbangan Muara Teweh ke Banjarmasin Mulai 21 Juli 2021

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa saat ini tinggal maskapai Citilink yang melayani penerbangan di Bandara Betoambari dengan satu kali penerbangan dalam sehari rute Baubau-Makassar.

Meski demikian, pihaknya juga masih menunggu kepastian dari maskapai Citilink apakah akan tetap beroperasi atau juga akan menghentikan sementara operasionalnya beberapa hari ke depan.

"Sekarang pesawat yang melayani Bandara Betoambari hanya Citilink. Tapi ini kita tunggu juga informasi lebih lanjut dari pihak Maskapai, jangan sampai besok atau lusa berhenti karena dari tren penumpang hari ini hanya sekitar 30-an orang," ungkapnya.

Menurutnya, sejak dikeluarkannya surat edaran Satgas Covid-19 terbaru yang mengatur syarat perjalanan membuat penumpang di Bandara Betoambari turun sampai dengan 50 persen.

Baca Juga: Ditemukan Kasus Positif, Lion dan Citilink Dilarang Bawa Penumpang dari Surabaya ke Pontianak

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x