Kompas TV internasional kompas dunia

Helikopter Bea Cukai Spanyol Terjun Bebas ketika Mengejar Bandar Narkoba

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 06:35 WIB
helikopter-bea-cukai-spanyol-terjun-bebas-ketika-mengejar-bandar-narkoba
Ilustrasi helikopter (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

MADRID, KOMPAS.TV - Kecelakaan udara terjadi di lepas pantai selatan, Spanyol, Minggu (11/07/2021). Helikopter milik badan bea cukai negara tersebut jatuh ke laut.

Peristiwa tersebut terjadi ketika pihak bea cukai tengah mengejar tersangka bandar narkoba di pantai selatan Spanyol. Akibatnya satu petugas bea cukai tewas dan dua personel lain selamat.

Garda Polisi Sipil Spanyol mengungkapkan helikopter itu jatuh di dekat Sotogrande, pantai dekat Gibraltar. Kini penyebab kecelakaan itu tengah diseidiki.

Diketahui pantai selatan Spanyol merupakan pintu masuk utama para gembong narkoba menuju Eropa. Pasalnya lokasi tersebut dekat dengan produsen utama ganja, Maroko.

Baca Juga: Pengalaman Nonton Italia Lawan Spanyol di Wembley

Medan laut membuat penyelendup kerap menggunakan perahu motor atau speedboat untuk kabur dari Maroko.

Sementara itu duka cita datang dari pihak pemerintah Spanyol. Pedro Sanchez, Perdana Menteri Spanyol menyatakan belasungkawa untuk keluarga petugas yang menjadi korban.

Dalam kesempatan yang sama Sanchez berterima kasih kepada pihak keamanan atas upaya mereka dalam memerangi kejahatan.

Fabian Picardo, Ketua Menteri Giblartar juga menyampaikan duka citanya kepada keluarga besar bea cukai Spanyol atas kejadian tersebut. Kepada dua petugas yang selamat, Fabian mendoakan mereka agar cepat pulih.

Baca Juga: Eksekusi Penaltinya Terbaca, Morata Gagal Jadi Penyelamat Spanyol Menuju Final Euro 2020

"Perang melawan kejahatan perdagangan narkoba melibatkan kita semua. Semua yurisdiksi yang relevan adalah mitra dalam pertarungan ini. Polisi Royal Gibraltar dan Bea Cukai HM memainkan peran penting dalam perjuangan ini juga dan akan terus bekerja sama dengan lembaga mitra mereka di Spanyol dan di seluruh dunia melawan momok global ini," tulis Fabian dalam keterangan resmi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x