Kompas TV olahraga kompas sport

Novak Djokovic Juara Tunggal Putra Wimbledon, Samai Federer dan Nadal Raih 20 Gelar Grand Slam

Senin, 12 Juli 2021 | 04:05 WIB
novak-djokovic-juara-tunggal-putra-wimbledon-samai-federer-dan-nadal-raih-20-gelar-grand-slam
Petenis Serbia Novak Djokovic merayakan kemenangannya atas petenis Italia Matteo Berrettini pada final tunggal putra pada hari ketiga belas Kejuaraan Tenis Wimbledon di London, Minggu, 11 Juli 2021 (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

WIMBLEDON, KOMPAS.TV — Novak Djokovic menyamakan kedudukan Roger Federer dan Rafael Nadal dengan merebut gelar Grand Slamnya yang ke-20 pada Minggu, kembali untuk mengalahkan Matteo Berrettini 6-7 (4), 6-4, 6-4, 6-3 di Wimbledon final seperti dilansir Associated Press, Minggu (11/07/2021).

Peringkat nomor 1 tunggal putra dunia Novak Djokovic meraih gelar juara tiga kali berturut-turut di All England Club dan keenam kali secara keseluruhan.

Dia menambahkan itu ke sembilan gelar di Australia Terbuka, tiga di AS Terbuka dan dua di Prancis Terbuka untuk menyamai dua saingannya dalam perebutan gelar utama terbanyak yang dimenangkan oleh seorang pria dalam sejarah tenis.

Petenis berusia 34 tahun dari Serbia itu kini menjadi satu-satunya pemain sejak Rod Laver pada 1969 yang memenangi tiga turnamen besar pertama dalam satu musim.

Dia dapat mengincar Grand Slam tahun kalender di AS Terbuka, yang dimulai 30 Agustus, sesuatu yang terakhir dicapai oleh seorang pria ketika Laver melakukannya 52 tahun yang lalu.

Ini adalah final ke-30 Djokovic. Di antara atlet tenis putra, hanya Federer yang memainkan lebih banyak, 31 pertandingan, dan yang pertama bagi Berrettini, pemain berusia 25 tahun dari Italia yang menjadi unggulan No. 7.

Final tersebut adalah hari besar di London bagi orang Italia di sana, di mana tim nasional sepak bola mereka menghadapi Inggris di Stadion Wembley di final Kejuaraan Eropa pada malam hari.

Final tunggal putra kali ini dipimpin wasit Marija Cicak, wasit wanita pertama untuk final tunggal putra di turnamen yang dimulai pada tahun 1877.

Baca Juga: Cicak Mencetak Sejarah, Menjadi Wasit Perempuan Pertama Final Tunggal Putra Turnamen Tenis Wimbledon

Cicak adalah penduduk asli Zagreb, Kroasia dan telah bekerja di 15 Wimbledon berturut-turut serta Olimpiade di Athena, London, dan Rio pada tahun 2016 di mana ia menjadi wasit final tunggal putri. (Sumber: Elsa/Getty Images North America)

Pertunjukan dimulai di Centre Court saat matahari jarang muncul selama dua minggu, langit terlihat di antara awan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Polisi Kembali Cek TKP Pembunuhan Subang

Minggu, 19 September 2021 | 00:31 WIB
Berita Daerah

Angin Puting Beliung ngamuk Di Cianjur

Minggu, 19 September 2021 | 00:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19