Kompas TV nasional update corona

Dubes AS untuk Indonesia Turut Bahagia Atas Kedatangan Tiga Juta Dosis Vaksin Moderna

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 20:38 WIB
dubes-as-untuk-indonesia-turut-bahagia-atas-kedatangan-tiga-juta-dosis-vaksin-moderna
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Y. Kim (kiri), cuplikan kiriman tiga juta dosis vaksin Moderna dari AS untuk Indonesia (kanan). (Sumber: U.S. Embassy & Consulates in Indonesia)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedatangan tiga juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS) di Indonesia kini menjadi kabar baik di tengah pandemi.

Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim pun turut berbahagia atas bantuan yang merupakan bagian dari COVAX Advance Market Commitment (AMC) tersebut, dan mengucapkan selamat.

Dengan adanya pengiriman ini, maka Indonesia telah menerima lebih dari 11,2 juta dosis vaksin melalui COVAX AMC.

"Di saat virus corona terus menyebar di seluruh dunia dengan berbagai varian barunya, melakukan vaksinasi sebanyak mungkin dan secepat mungkin menjadi langkah yang sangat penting," kata Kim dalam siaran pers, Minggu (11/7/2021).

Baca Juga: 3 Juta Vaksin Covid-19 Moderna Tiba, 1,5 Juta Nakes Indonesia Jalani Vaksinasi Penguat Pekan Depan

Menurut Kim, tidak ada pula satu negara yang bisa bertindak sendirian untuk melawan pandemi, terlebih di saat laju penyebarannya begitu cepat.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk melindungi nyawa orang-orang di Indonesia lewat kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan upaya vaksinasi," sambungnya.

Lebih lanjut, Pemerintah Amerika Serikat juga akan memberikan satu juta dosis tambahan kepada Indonesia sebagai bagian dari tahap pengiriman vaksin ini.

AS akan terus berkontribusi mendukung pembelian dan pengiriman vaksin Covid-19 untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah, termasuk Indonesia.

Langkah ini diharapkan dapat melindungi populasi dunia, terutama yang paling rentan dan berisiko terpapar Covid-19, dan menekan penyebaran varian baru.

Tiga juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS) telah tiba di Indonesia, Minggu (11/7/2021). (Sumber: U.S. Embassy & Consulates in Indonesia)

Baca Juga: 3 Juta Vaksin Moderna Asal Amerika Serikat Tiba di Indonesia

Diketahui, AS telah mempercepat akses vaksin Covid-19 untuk global supaya aman dan efektif melalui bantuan senilai USD 2 miliar kepada Gavi, the Vaccine Alliance, dalam COVAX Advance Market Commitment.

Presiden AS, Joe Biden juga berkomitmen untuk menyediakan 80 juta vaksin Covid-19 yang aman dan efektif untuk negara-negara yang memerlukan di seluruh dunia.

Rencananya, dari jumlah tesebut, 23 juta dosis vaksin di antaranya akan didonasikan ke sejumlah negara di wilayah Asia.

Hingga hari ini, AS pun telah menginvestasikan hampir USD 36 juta untuk mendukung upaya Indonesia dalam melindungi penduduknya dari Covid-19.

Amerika Serikat juga telah mendonasikan 1.000 unit ventilator yang kini digunakan di lebih dari 600 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

"Kami terus berkomitmen terhadap kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dan bekerja menuju pembukaan kembali perekonomian Indonesia secara aman," pungkas Kim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x