Kompas TV nasional update corona

Anggota DPR Mufti Anam: Potensi Uang dari Vaksin Covid-19 Berbayar Capai Rp747 Juta per Hari

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 16:54 WIB
anggota-dpr-mufti-anam-potensi-uang-dari-vaksin-covid-19-berbayar-capai-rp747-juta-per-hari
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Sumber: BioNTech via Xinhua)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi VI DPR, Mufti Anam, mengatakan pelaksanaan vaksiniasi Covid-19 berbayar atau secara individu pasti bakal banyak peminatnya.

Politikus PDI Perjuangan atau PDIP itu menyebut, potensi uang yang masuk bisa mencapai Rp747 juta per harinya.

Baca Juga: Kimia Farma Layani Vaksin Mandiri Berbayar Mulai 12 Juli 2021

Jumlah uang sebanyak itu berdasarkan asumsi biaya sesuai ketentuan maksimal yang kuota awalnya akan tersedia di delapan gerai PT Kimia Farma.

Menurut Mufti, jumlah uang yang masuk dalam sehari bisa lebih banyak kalau ada penambahan jaringan penyedia vaksin berbayar tersebut.

Namun demikian, dia mengingatkan agar PT Kimia Farma Tbk tidak berkurang fokusnya meskipun melaksanakan program vaksinasi berbayar.

"Tentu itu cukup menggiurkan, namun saya minta jangan gara-gara vaksin individu ini, kemudian BUMN farmasi berkurang fokusnya untuk menyediakan vaksin gratis dan obat-obatan terapi yang sangat dibutuhkan rakyat,” kata Mufti melalui keterangan tertulisnya, Minggu (11/7/2021) seperti dilansir dari Antara

Baca Juga: PAN: Vaksin Harusnya Dijual ke Perusahaan, Bukan untuk Individu

Mufti mengatakan, BUMN farmasi harus mampu menata fokus karena di saat bersamaan harus menunaikan tugas percepatan produksi dan distribusi vaksin gratis serta obat-obatan terapi Covid-19.

Hal tersebut, kata dia, penting untuk diingatkan karena jaringan PT Bio Farma (Persero) maupun PT Kimia Farma (Persero) Tbk punya tugas berat lain.

“Bio Farma produksi vaksin gratis. Kimia Farma memproduksi sebagian obat terapi dan distribusi obat terapi Covid-19 dari produsen lain," ucap Mufti.

"Itu antara lain ivermectin, oseltamivir, remdesivir, favipirafir yang semuanya butuh fokus dan ketangkasan untuk segera terdistribusi dengan baik ke masyarakat dan merata."

Baca Juga: Kimia Farma Buka Layanan Vaksinasi Berbayar Mulai Senin, Per 1 Dosis Harganya Rp 439.570



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x