Kompas TV regional update corona

Pelaku Pungli yang Minta Rp4 Juta di Pemakaman Covid-19 Bandung Ternyata Petugas Pemikul Jenazah

Minggu, 11 Juli 2021 | 14:48 WIB
pelaku-pungli-yang-minta-rp4-juta-di-pemakaman-covid-19-bandung-ternyata-petugas-pemikul-jenazah
Sejumlah pemikul jenazah dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) menggotong dan memakamkan peti berisi jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Cikadut, Jalan Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/2/2021). (Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

BANDUNG, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung, Bambang Suhari, mengungkapkan pelaku yang meminta pungutan liar atau pungli di TPU Cikadut, Bandung, bernama Redi. Dia bukanlah karyawan UPT TPU Cikadut.

Menurut Bambang, Redi adalah tenaga tambahan pemikul jenazah Covid-19 yang dipekerjakan pada Februari lalu untuk membantu proses pemikulan jenazah.

Baca Juga: Ratusan Makam Khusus Covid-19 di Bandung Dibongkar, Ternyata Jenazahnya Tidak Terpapar Virus Corona

“Yang bersangkutan petugas pemikul jenazah yang kami angkat Februari 2021 menjadi PHL pemikul jenazah, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan di TPU Cikadut,” kata Bambang dikutip dari Kompas.com pada Minggu (11/6/2021).

Bambang menjelaskan, TPU Cikadut sudah ditetapkan sebagai pemakaman khusus jenazah yang meninggal dunia karena Covid-19.

Dia memastikan pemakaman tersebut tidak membedakan suku, agama, ras, dan antar golongan. Selain itu, Bambang juga memastikan seluruh layanan pemakaman di TPU Cikadut gratis.

Sebab, para petugas penggali liang lahat dan pemikul jenazah Covid-19 sudah dibayar oleh Pemkot Bandung sesuai UMK. Pembayarannya pun selalu tepat waktu.

Baca Juga: Baru Dibuka Maret 2021, Total 2.661 Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan di TPU Rorotan

“Bahwa TPU Cikadut diperuntukkan bagi jenazah warga Kota Bandung yang meninggal karena Covid-19, dan tidak dipungut biaya apapun untuk semua warga tanpa membeda-bedakan,”  ucapnya.

Bambang menuturlan, UPT TPU Cikadut memang ditugaskan untuk mencari pekerja tambahan untuk membantu proses pemakaman. Sebab, pasien Covid-19 yang meninggal terus meningkat.

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ketum Golkar Airlangga Temui Ganjar

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19