Kompas TV nasional peristiwa

Aksi Senyap TNI Lumpuhkan 2 Terduga Teroris Kelompok Poso, Mencekam!

Minggu, 11 Juli 2021 | 14:44 WIB
aksi-senyap-tni-lumpuhkan-2-terduga-teroris-kelompok-poso-mencekam
Sejumlah anggota TNI mengangkut jenazah terduga teroris Kelompok Poso. (Sumber: Puspen TNI)

JAKARTA, KOMPAS TV - Prajurit TNI yang tergabung dalam Koopsgassus Tricakti melumpuhkan dua orang di Pegunungan Tokasa, Desa Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, Minggu (11/7/2021). Kedua orang itu disebut sebagai terduga teroris dari kelompok Poso

"Dipastikan berhasil menewaskan dua orang kelompok teroris Poso dalam penyergapan yang belangsung di Pegunungan Tokasa, Desa Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah," kata Panglima Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabssus) Tricakti Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV. 

Ia menjelaskan, proses penyergapan itu dipimpin oleh Lettu Inf David Manurung yang berasal dari satuan Kopassus. Mereka hanya beranggotakan sebanyak lima orang saat melakukan aksi pelumpuhan tersebut. 

Baca Juga: Empat Hari Buron, Terduga Teroris Ditangkap Bersama 2 Kerabatnya

"Setelah dengan sabar serta cermat mengendus bekas-bekas jejak yang ditinggalkan kelompok MIT sejak tanggal 7 Juli 2021 yang lalu," ujarnya. 

Jenderal bintang dua itu menambahkan, Tim Tricakti mendekati markas kelompok MIT secara senyap dan kerahasiaan tinggi merayap ke sasaran sejak pukul 22.00 WITA.

"Akhirnya pada jarak sekitar 5 meter dari posisi Camp terlihat samar dalam kegelapan ada beberapa orang kelompok MIT sedang istirahat. Setelah diyakini bahwa benar mereka adalah anggota teroris MIT, Dantim Tricakti 2 Lettu Inf David Manurung langsung memberikan perintah untuk membuka tembakan guna melumpuhkan kelompok MIT tersebut," katanya. 

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Opini

Om, Kami Serumah Positif

Minggu, 11 Juli 2021 | 14:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:45
GUBERNUR KALIMANTAN UTARA ZAINAL ARIFIN PALIWANG BESERTA ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   LONJAKAN KASUS COVID-19, UNI EMIRAT ARAB LARANG SEMENTARA KEDATANGAN WARGA NEGARA DARI INDONESIA DAN AFGHANISTAN   PEMERINTAH SINGAPURA PERKETAT ARUS KEDATANGAN DARI INDONESIA IMBAS TERJADINYA LONJAKAN KASUS COVID-19   PELATIH INGGRIS GARETH SOUTHGATE MINTA TIM ASUHANNYA FOKUS DAN TIDAK MUDAH EMOSI SAAT JUMPA ITALIA DI FINAL EURO 2020   ARGENTINA SAMAI URUGUAY SEBAGAI TIM PEMENANG COPA AMERICA TERBANYAK SEPANJANG SEJARAH DENGAN 15 GELAR   COPA AMERICA 2021 MENJADI GELAR KE-15 PIALA AMERIKA YANG BERHASIL DIRAIH OLEH TIMNAS ARGENTINA   GOL TUNGGAL ANGEL DI MARIA SAAT LAWAN BRASIL SUKSES BAWA ARGENTINA ANGKAT TROFI COPA AMERICA 2021   WAGUB BALI HARAP SELURUH DESA WISATA DI WILAYAHNYA SEGERA DAPAT SERTIFIKAT CHSE TAHUN INI   GUBERNUR KALIMANTAN UTARA ZAINAL ARIFIN PALIWANG BESERTA ISTRI TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL TEGASKAN PEMAKAMAN PASIEN COVID-19 TIDAK DIPUNGUT BIAYA APA PUN   GUBERNUR RIDWAN KAMIL MINTA PEMKOT BANDUNG TINGKATKAN PENGAWASAN GUNA CEGAH PUNGLI PEMAKAMAN COVID-19   VAKSINASI COVID-19 BERBAYAR BAGI INDIVIDU DI KIMIA FARMA AKAN GUNAKAN VAKSIN SINOPHARM   PT KIMIA FARMA: MASYARAKAT BISA DAFTAR VAKSINASI COVID-19 INDIVIDU LEWAT SITUS WWW.KIMIAFARMAAPOTEK.CO.ID   REVISI ATURAN PPKM DARURAT: PEMERINTAH MELARANG KEGIATAN RESEPSI PERNIKAHAN SELAMA PELAKSANAAN PPKM DARURAT