Kompas TV regional berita daerah

Hindari Kerumunan, Gubernur Sumut: Daging Kurban Dibagikan Panitia, Penerima di Rumah Saja

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 08:36 WIB
hindari-kerumunan-gubernur-sumut-daging-kurban-dibagikan-panitia-penerima-di-rumah-saja
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Sumber: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumut)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

MEDAN, KOMPAS.TV - Teknis pembagian daging kurban saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan masyarakat diminta tunggu di rumah untuk menghindari kerumunan.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi usai Rapat Koordinasi Kesiapan PPKM di Mapolda Sumut, Sabtu (10/7/2021), sebagaimana diwartakan Antara.

"Masyarakat tidak lagi dianjurkan untuk datang ke lokasi pembagian kurban tersebut, melainkan panitia kurban didampingi kepala lingkungan dan petugas Babinsa/Babinkamtibmas yang langsung mengantar ke rumah penerima paket guna menghindari kerumunan," kata Edy Rahmayadi.

Baca Juga: PPKM Darurat Medan Diberlakukan Mulai 12 Juli 2021

Edy menjelaskan, bila tahun sebelumnya masyarakat datang berbondong mengambil kurban, kini karena PPKM Darurat akan berlaku di Kota Medan mulai Senin (12/7/2021), maka teknis pengambilan disesuaikan dengan aturan yang berlaku dari Kementerian Agama.

Berdasar Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 terkait pengimplementasian PPKM Darurat 3-20 Juli 2021, masyarakat tinggal menunggu di rumah untuk mendapatkan daging kurban saat Iduladha saat penerapan PPKM Darurat.

Baca Juga: Hilal Terlihat, Pemerintah Tetapkan Iduladha pada Selasa 20 Juli 2021

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan 1 Zulhijah 1442 Hijriah jatuh pada Minggu, 11 Juli 2021. Sehingga, Hari Raya Iduladha 1442 akan jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang.

Selain dibagikan oleh panitia kurban, Menag Yaqut Cholil Choumas juga mengimbau proses penyembelihan hewan kurban dilakukan selama tiga hari, yakni 11, 12, 13 Dzulhijah.

Baca Juga: Menag Yaqut Ingatkan Aturan Takbiran hingga Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Raya Iduladha



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x