Kompas TV klik360 sinau

Keputusan Southgate untuk Inggris Sepanjang Piala Eropa 2020

Minggu, 11 Juli 2021 | 13:01 WIB

KOMPAS.TV - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, berhasil membawa anak asuhannya melaju ke babak final Piala Eropa 2020 dengan catatan 5 kemenangan dan sekali imbang sepanjang berlaga.

Prestasi Inggris tersebut tak lepas dari keputusan-keputusan yang dibuat Southgate. Berikut 5 keputusan besar Gareth Southgate untuk timnas Inggris di Piala Eropa 2020:

1. Bek Kiri di Laga Pembuka

Saat melawan Kroasia di laga perdana Grup D, Southgate memasang Kieran Trippier sebagai bek kiri, padahal Inggris memiliki Luke Shaw dan Ben Chilwell.

Trippier sendiri tampil cukup baik di laga tersebut dengan melakukan 2 tackles, sekali memenangi duel, dan 85 persen umpan sukses, namun kurang menonjol dalam sisi ofensif.

2. Memercayakan Raheem Sterling

Southgate memercayakan Sterling mengisi posisi penyerang sayap kiri dan selalu tampil selama 6 pertandingan Piala Eropa 2020.

Sterling berhasil membuat 3 gol saat melawan Kroasia, Ceko, dan Jerman. Namun, ia juga kerap dihentikan lawan, tak bisa mendukung Harry Kane, dan buntu dalam permainannya.

3. Ubah Formasi ke 3 Bek

Gareth Southgate selalu memakai formasi empat bek (4-3-3/4-2-3-1) selama 3 laga di fase grup.

Namun, secara mengejutkan, Southgate mengubah formasi Inggris dengan skema tiga bek (3-4-3) saat menghadapi Jerman.

4. Jack Grealish di Semifinal

Pada pertandingan melawan Denmark di semifinal, Southgate membuat satu keputusan kejutan dengan memasukan Jack Grealish untuk digantikan kembali.

Jack Grealish masuk menggantikan Bukayo Saka pada menit ke-69. Kemudian, pemain Aston Villa itu digantikan Kierran Tripper pada menit ke-106 extra time.

5. Peran Minim Phil Foden dan Jadon Sancho

Gareth Southgate terlihat tak bisa mengoptimalkan dua pemain mudanya, Phil Foden dan Jadon Sancho.

Foden tak merumput sama sekali kontra Rep Ceko, Jerman, dan Ukraina, dan hanya main 25 menit pada laga semifinal.

Sedangkan Sancho hanya tampil 6 menit di laga kontra Ceko, dan 90 menit lawan Ukraina.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Meski Pandemi, Kendal Ngegas Investasi

Jumat, 24 September 2021 | 15:12 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19