Kompas TV nasional sosial

Pemerintah Terima Bantuan 600 Unit Oksigen Consentrator untuk Penanganan Covid-19

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 19:10 WIB
pemerintah-terima-bantuan-600-unit-oksigen-consentrator-untuk-penanganan-covid-19
Tabung berisi oksigen tiba di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (6/7/2021).Total 132 tabung oksigen dari Pabrik Gas Industri (PGI) milik Krakatau Steel untuk 12 rumah sakit di Jakarta yang disediakan Provinsi DKI Jakarta hari ini seiring masih tingginya kasus Covid-19 aktif di Jakarta. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah mendapatkan bantuan 600 unit oksigen consentrator dari PT Indorama Ventures untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Direktur PT Indorama Ventures, Saurabh Mishra, berharap donasi tersebut bermanfaat untuk penangan Covid-19 di Indonesia.

"Kami berharap dengan penyerahan 600 unit oksigen consentrator itu dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam upaya meminimalisir perkembangan Covid-19,” katanya dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Sabtu (10/7/2021).

Donasi 600 oksigen consentrator itu terdiri dari 300 unit 10 liter dan 300 unit 5 liter. Diserahkan langsung oleh Direktur PT Indorama Ventures Indonesia melalui Kementerian Perindustrian.

Selanjutnya, segera disalurkan ke rumah sakit-rumah sakit oleh Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Salut! RS di Temanggung Saling Meminjamkan Tabung Oksigen

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyambut baik serta mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada pemerintah itu.

Masih dari laman Kemenkes, Budi mengatakan ketersediaan alat kesehatan seperti oksigen saat ini sangat penting untuk membantu pasien gejala berat di rumah sakit.

Hingga kini, lanjut Budi, ada lebih dari 74 ribu pasien yang membutuhkan oksigen, di mana 5-10% di antaranya membutuhkan akses oksigen dengan konsentrasi yang tinggi.

Oleh karenanya, dukungan oksigen consentrator ini berkontribusi besar dalam upaya penyelematan pasien. “Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kontribusi Indorama dalam membantu pemerintah menangani pandemi ini," tutur Budi. 

Kata dia, bantuan 600 unit oksigen consentrator dari Indorama akan sangat membantu untuk mengejar kebutuhan sekitar 74 ribu pasien yang membutuhkan akses oksigen.

Baca Juga: Kisah Haji Momo, Bantu Isi Ulang Tabung Oksigen di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Terkait donasi dan bantuan lain, Budi menegaskan bahwa upaya penanganan pandemi tidak hanya dilakukan oleh pemerintah. Perlu dukungan dari lintas sektor, termasuk pihak swasta untuk berkolaborasi dalam upaya percepatan penanganan pandemi di Indonesia.

Menkes berharap komitmen dan inisiatif yang telah dilakukan oleh PT Indorama Ventures menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain.

Menurut Budi, bantuan swasta tersebut sejalan dengan Instruksi Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2021 yang di antaranya memerintahkan para industri manufaktur industri yang bergerak khusus di bidang produksi gas dan oksigen, maupun industri lain yang mempunyai potensi membantu ketersediaan oksigen, untuk memprioritaskan distribusinya ke sektor kesehatan.

Baca Juga: Erick Thohir Minta BUMN Bantu Produksi dan Distribusikan Pasokan Oksigen



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.