Kompas TV nasional politik

Moeldoko: Panglima Tertinggi dalam Penanganan Covid-19 adalah Presiden

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 18:04 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, Presiden Joko Widodo adalah panglima tertinggi dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Sebenarnya dari awal panglima tertinggi dalam penanganan covid ini adalah Presiden. Maka dari awal Presiden tidak pernah kendor, baik dalam komando pengendalian, dalam pengawasan, itu selalu dilakukan oleh Presiden," kata Moeldoko dalam video yang diunggah di channel Youtube Kantor Staf Presiden, Sabtu (10/7/2021).

Moeldoko mengemukakan, Presiden memang menunjuk bawahannya untuk memimpin pengendalian penanganan Covid-19, misalnya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di wilayah Jawa-Bali serta Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto untuk wilayah luar Jawa-Bali.

Namun, kata Moeldoko, hal itu didasarkan pada efektivitas pengendalian Covid-19 dan bukan berarti Presiden tidak menjadi panglima tertinggi dalam penanganan Covid-19.

"Jadi sangat salah bahwa seolah-olah Presiden itu tidak mengendalikan Covid ini, tapi ya bisa dimaklumi mungkin karena mereka-mereka berada di luar yang tidak memahami mekanisme bekerja kami yang ada di kabinet ini di mana setiap saat Presiden bisa mengumpulkan para bawahannya," ujar Moeldoko.

Video editor: Agung

Baca Juga: Tantang Anak Muda untuk Berinovasi, Moeldoko: Inovate or Die, Sebuah Pilihan!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x