Kompas TV regional update corona

Daftar Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta Kini Pakai Aplikasi, Begini Caranya!

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 17:49 WIB
daftar-vaksinasi-covid-19-di-yogyakarta-kini-pakai-aplikasi-begini-caranya
Pendaftaran vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta kini dilayani melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS), termasuk pendaftaran vaksinasi untuk anak 12-17 tahun. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Penanganan Covid-19 Yogyakarta merilis aplikasi untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Aplikasi anyar itu dinamai Jogja Smart Service (JSS).

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, JSS tersebut akan memudahkan pendaftaran vaksin. 

“Layanan pendaftaran secara daring ini sudah dibuka per hari ini. Langsung ada 32 warga yang mendaftar,” kata Heroe dikutip dari ANTARA, Sabtu (10/7/2021).

Adapun syarat untuk bisa mendaftar vaksinasi di aplikasi JSS adalah warga Kota Yogyakarta yang sudah berusia minimal 12 tahun. "Pendaftaran secara daring ini sekaligus menandai dimulainya vaksinasi untuk anak di Kota Yogyakarta," jelasnya. 

"Perlu diingat, jika usianya kurang dari sehari saja, tidak bisa mendaftar. Tunggu sehari lagi baru mendaftar,” terang Heroe.

Dengan kemudahan untuk melakukan pendaftaran, Heroe berharap segera terbentuk kekebalan komunal di Kota Yogyakarta yaitu sekitar 300.000 penduduk atau 70 persen dari populasi.

Baca Juga: Temukan Kemacetan di Yogyakarta Akibat Penyekatan PPKM Darurat, Ini Komentar Kapolri Listyo Sigit

Untuk cara menggunakannya, warga cukup membuka aplikasi JSS dan memilih menu kesehatan. Kemudian memilih menu pendaftaran vaksin dengan mengisi beberapa data yang diperlukan.

Pengisian data diharapkan dapat dilakukan kurang dari 10 menit agar pendaftaran tidak dianggap batal.

Lewat pendaftaran vaksinasi daring tersebut, Heroe berharap masyarakat semakin dimudahkan untuk mengakses program vaksinasi.

Di aplikasi JSS, warga bebas memilih lokasi dan waktunya pelaksanaan vaksin.

Namun untuk tahap awal, pendaftaran melalui JSS tersebut hanya bisa dilakukan untuk vaksinasi pada Selasa hingga Kamis yang berlokasi di area parkir Gembira Loka Zoo.

“Selanjutnya, kami akan mengalihkan seluruh proses pendaftaran vaksinasi melalui aplikasi ini. Termasuk pendaftaran vaksinasi reguler yang selama ini dilakukan di 18 Puskesmas, 13 rumah sakit, dan dua klinik,” tambahnya.

Heroe berharap pendaftaran vaksin secara daring tersebut akan memudahkan penghitungan capaian vaksinasi khusus untuk warga Kota Yogyakarta. Sebab. selama ini kegiatan vaksinasi di Kota Yogyakarta juga terbuka untuk warga dari kabupaten lain, terlebih jika warga tersebut bekerja di Kota Yogyakarta.

Per bulan ini, Kota Yogyakarta sudah mencatatkan suntikan vaksin dosis pertama kepada lebih dari 170.000 sasaran, baik menggunakan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca. “Khusus untuk Juli ini, kami akan menggunakan vaksin Sinovac, karena AstraZeneca sementara sudah habis,” kata Heroe.

Baca Juga: Perjalanan dari Bantul ke Yogyakarta Bakal Lebih Lama Saat PPKM Darurat, Ini Penyebabnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x