Kompas TV nasional sosial

Program Kampus Merdeka, Kemendikbud Ristek dan Bhinneka Cari 50 Mahasiswa Terbaik

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 16:33 WIB
program-kampus-merdeka-kemendikbud-ristek-dan-bhinneka-cari-50-mahasiswa-terbaik
Ilustrasi: mahasiswa kuliah dengan tatap muka. (Sumber: Kompas/Thinkstock)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Bhinneka.com sebagai mitra di Kampus Merdeka, menantang mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk bergabung di Akademi Bhinneka.

Para mahasiswa yang lolos proses rekruitmen akan mendapat kesempatan magang bersertifikasi di industri hingga terlibat langsung dalam proyek industri.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga bisa membangun jejaring, menerima gaji, serta mendapat “tiket emas” untuk direkrut sebagai karyawan Bhinneka.

Sebagai mitra Kampus Merdeka, Bhinneka menjembatani perguruan tinggi sebagai pusat intelektual dan kultural dengan kebutuhan industri, sehingga akan meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang lebih baik, dan terserap oleh industri.

Baca Juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021 Kembali di Buka untuk S1-S3, Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

VP Human Capital Bhinneka.com Fihri Andika mengatakan, seluruh program Akademi Bhinneka menerapkan mekanisme penilaian yang terintegrasi dengan proses perkuliahan.

“Program Kampus Merdeka bersama Bhinneka.com ini merupakan bentuk konsolidasi dari semua pihak, terutama demi mempertahankan dan meningkatkan ekonomi digital di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/7/2021).

"Para mahasiswa bisa belajar langsung, terapresiasi, serta diharapkan bisa memiliki kepiawaian yang dibutuhkan oleh industri digital. Sebuah kebanggaan bagi kami, karena terpilih menjadi salah satu mitra Kemdikbudristek RI,” sambungnya.

Adapun program tersebut digagas langsung oleh Kemdikbudristek RI sejak akhir Maret lalu. Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Mendikbud RI, Nadiem Makarim, para pelaku industri e-commerce diberikan kesempatan untuk menjadi perusahaan pengasuh program magang.

Bhinneka sendiri menghadirkan empat sub program magang Kampus Merdeka bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia. Keempat sub program tersebut adalah:

  1. Affiliate Apps
  2. Campus Marketplace
  3. Channel Management Apps
  4. Performance Management System

Adapun Bhinneka akan mencari lebih dari 50 mahasiswa magang untuk terlibat pada empat sub program di atas.

Para mahasiswa yang berminat untuk berpartisipasi dalam Kampus Merdeka di Bhinneka dapat mendaftarkan diri di platform milik Kemdikbudristek RI.

Seleksi awal akan dilakukan untuk menyesuaikan kuota dan kriteria, lalu para mahasiswa yang lolos akan memulai proses magangnya dalam waktu 6-12 bulan.

Baca Juga: Ini Dia Kebijakan Kampus Merdeka ala Nadiem Makarim

Fihri menambahkan, adapun dengan ikut serta dalam program Kampus Merdeka di Bhinneka, wawasan dan referensi yang diperoleh para mahasiswa akan unik, serta berbeda dengan lainnya.

Sebab, menurutnya, Bhinneka sebagai business super ecosystem adalah pelaku e-commerce pemimpin segmen B2B (termasuk B2G). Para mahasiswa peserta akan diperkenalkan dengan karakteristik bisnis yang khusus bagi interaksi antar korporasi, bahkan yang disasarkan ke lembaga pemerintah sebagai konsumennya.

“Salah satu nilai lebih dari program magang di Akademi Bhinneka ini adalah ‘tiket emas’ untuk direkrut sebagai Bhinnekaners setelah mereka meraih gelar sarjana. Hal ini melengkapi pengalaman nyata berada dalam industri digital ekonomi yang dinamis, terlibat dalam berbagai proyek penting, dibimbing para mentor terbaik dari internal Bhinneka.com. Sehingga para mahasiswa bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang industri ekonomi digital,” jelas Fihri.

Keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Merdeka di Bhinneka tentunya juga berdampak secara akademik, dari penilaian, kesetaraan dengan satuan kredit pendidikan atau SKS. 

Hingga saat ini, tercatat sudah ribuan mahasiswa yang mendaftar untuk magang di Akademi Bhinneka melalui laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, pendaftaran akan ditutup pada 18 Juli 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.