Kompas TV nasional kesehatan

Korea Selatan dan Indonesia Kembangkan Vaksin GX-19N yang Diharapkan Mampu Melawan Varian Covid-19

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 13:07 WIB
korea-selatan-dan-indonesia-kembangkan-vaksin-gx-19n-yang-diharapkan-mampu-melawan-varian-covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Sumber: Shutterstock.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksin GX-19N merupakan hasil kerja sama dari perusahaan obat biologi asal Korea Selatan, Genexine dengan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).

Tak hanya didesain untuk melawan paparan Covid-19, vaksin tersebut juga diklaim mampu menangkal varian baru dari mutasi virus SARS-CoV-2.

Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin GX-19N, Iris Rengganis menyebut teknologi DNA pada vaksin tersebut berpotensi memberikan perlindungan terhadap bagian dari virus yang jarang bermutasi.

Iris menjelaskan, vaksin GX-19N bekerja tidak hanya menginduksi respons sel T terhadap protein spike virus, namun juga menginduksi respons sel T spesifik protein Nukleokapsid.

"Sehingga vaksin GX-19N diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap varian-varian Covid-19 baru," kata Iris dalam acara daring, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Update 9 Juli 2021: Sebanyak 35 Juta Lebih Warga Sudah Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Kini, vaksin GX-19N sudah mengantongi izin uji klinik tahap 2b/3 dari Komite Etik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan dijadwalkan mulai terlaksana pada akhir Juli 2021.

Dengan tujuan melihat efikasi alias kemanjuran, keamanan, dan kemampuan vaksin untuk memunculkan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus corona.

Tak hanya dilakukan secara terpusat di RSUPN Cipto Mangunkusumo, uji klinik vaksin GX-19N juga akan digelar paralel di beberapa lokasi penelitian lainnya.

Seperti FKIK Ukrida, Klinik Satelit RSUP Dr Sardjito, RSUD Dr Moewardi, RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro, Klinik Utama Fakhira Sawah Lunto, Klinik Utama Fakhira Jatiasih, Klinik Utama Fakhira Jagakarsa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x