Kompas TV nasional kesehatan

Protokol Kesehatan untuk Ibu Hamil Saat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 09:30 WIB
protokol-kesehatan-untuk-ibu-hamil-saat-pandemi-covid-19
Ilustrasi Ibu hamil (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjaga kesehatan kehamilan sangat penting agar ibu dan bayi lahir selamat. Namun saat kasus Covid-19 terus melonjak seperti saat ini, virus bisa menyebar kapan dan di mana saja. Ibu hamil pun semakin rentan terpapar.

Menurut Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit AS (CDC), wanita hamil dan baru saja hamil lebih mungkin untuk sakit parah akibat Covid-19 dibandingkan dengan orang yang tidak hamil.

Dilansir dari NHS, berikut adalah tips kehamilan di masa pandemi Covid-19 agar calon ibu dan bayi tetap sehat.

1. Tetap di rumah saja selama pandemi Covid-19

Bagi ibu hamil, sangat disarankan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah dan tidak keluar rumah untuk hal yang tidak mendesak.

2. Terapkan protokol kesehatan jika berada di luar rumah

Jika terpaksa keluar rumah, selalu gunakan masker, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak dari orang lain. Setelah memegang benda apapun, selalu cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

3. Melakukan jadwal pemeriksaan kehamilan sesuai dengan tingkat risiko kehamilan

Untuk pemeriksaan rutin, mungkin beberapa dokter akan menyarankan konsultasi secara online, melalui telepon atau panggilan video.

Jika pemeriksaan harus dilakukan di klinik, lakukan tes Covid-19 jika dibutuhkan dan pastikan klinik tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

4. Hindari stres dan terapkan pola hidup sehat

Alih-alih terlalu memikirkan soal Covid-19, fokuslah untuk mengelola kesehatan, mempersiapkan kelahiran si kecil, dan mengisi waktu luang dengan kegiatan lain. Misalnya, berolah raga, mempersiapkan nama untuk si kecil, atau mengatur pola makan yang sehat.

5. Penuhi asupan vitamin yang dibutuhkan untuk kehamilan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x