Kompas TV nasional kesehatan

Soal Bantuan Oksigen Untuk India, Mahfud : Waktu Itu Oksigen Masih Banyak

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 20:35 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Ham (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara perihal bantuan oksigen yang diberikan kepada India pada Mei 2021 lalu.

Menurutnya, saat itu India tengah mengalami turbulensi covid-19 yang cukup parah. Sementara, kondisi Indonesia pada waktu itu lebih baik dari pada India, sehingga persediaan oksigen di tanah air masih banyak.

“Pada waktu itu kan bantunya awal Mei ketika tingkat kesembuhan di tempat kita itu hampir selalu lebih tinggi dari terinfeksi sehingga pada waktu itu oksigen masih banyak,” kata Mahfud dalam Youtube Kemenko Polhukam RI, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Bantuan Oksigen RI ke India Jadi Polemik, Mahfud MD: Waktu Itu Persediaan Masih Banyak

Menurut Mahfud, bantuan yang diberikan kepada negara yang tengah menghadapi masalah adalah hal yang biasa di dalam hubungan internasional.

“Indonesia pun sering dapat bantuan. Di dalam dunia internasional itu biasa kalau ada suatu negara kena musibah, kita bantu”, tutur Mahfud dalam sebuah video di akun Youtube Kemenko Polhukam RI (9/7).

“Indonesia pernah membantu Jepang waktu  tsunami, kemarin Indonesia juga membantu Australia ketika terjadi kebakaran”, tambahnya.

Saat ini, persebaran Covid-19 di Indonesia terjadi secara eksponensial. Angka positif harian di tanah air terus mengalami kenaikan.

Mahfud menyebut, saat ini beberapa negara juga telah menawarkan bantuan kepada Indonesia.

“Ketika Indonesia sekarang ini sedang mengalami eksponensial terinfeksi, beberapa negara sudah menawarkan dan akan memberikan bantuan, itu biasa saja, negara-negara yang bersahabat”, pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x