Kompas TV nasional kesehatan

Pastikan Persediaan Sejumlah Obat Covid-19, Kemenkes: Masyarakat Jangan Panik Beli Berlebihan

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 19:21 WIB
pastikan-persediaan-sejumlah-obat-covid-19-kemenkes-masyarakat-jangan-panik-beli-berlebihan
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan jumlah persediaan obat Covid-19. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memantau persediaan obat Covid-19 di pasar dan akan terus mendorong produksi untuk menambah stok nasional.

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi membeberkan, pihaknya telah memastikan persediaan sejumlah obat-obatan untuk pasien Covid-19.

“Kami sampaikan ketersediaan obat Covid-19 di industri farmasi dan pedagang besar per tanggal 9 Juli 2021 untuk Faviparir 3,2 juta dan Remdesivir untuk injeksi sebanyak 11 ribu,” ujar Nadia dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021). 

Baca Juga: Panduan Mendapat Obat Gratis untuk Pasien Covid-19 yang Sedang Jalani Isolasi Mandiri

Remdesivir dan Faviparir adalah obat jenis antivirus. Nadia menyebut, persediaan antivirus lainnya: Oseltamivir mencapai 157 ribu.

“Persediaan Azitromisin oral sebanyak 2,4 juta, Azitromisin infus sebanyak 163 ribu, Tocilizumab infus sebanyak 543, IVIG (intravenous immunoglobulin) 7 ribu, Ivermectin oral sebanyak 237 ribu,” beber Nadia.

Tocilizumab adalah obat penghambat Interleukin-6 (IL-6) untuk mencegah reaksi berlebihan imun tubuh pasien Covid-19. 

Obat ini baru masuk dalam daftar rekomendasi WHO bagi pasien penderita Covid-19 bergejala parah dan kritis.

Nadia mengatakan, pihaknya akan terus mendorong peningkatan produksi obat-obatan Covid-19.

“Adapun persediaan obat-obatan untuk Covid-19 ini terus-menerus ditingkatkan dan ditambah produksinya untuk memastikan stok di lapangan,” kata Nadia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x