Kompas TV nasional politik

Jokowi Ucap Terima Kasih kepada Dokter, Nakes, ASN, TNI-Polri yang Bekerja Keras Tangani Covid-19

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 18:58 WIB
jokowi-ucap-terima-kasih-kepada-dokter-nakes-asn-tni-polri-yang-bekerja-keras-tangani-covid-19
Presiden Jokowi saat Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2021, Selasa (4/5/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI-Polri yang sudah bekerja keras menangani pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat isolasi dan karantina bagi pasien Covid-19.

“Dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI-Polri sudah bekerja keras pagi siang malam, sudah bekerja sejak bulan Maret 2020 sampai saat ini,” ujar Presiden Jokowi, Jumat (9/7/2021).

“Dan saya ingin ucapkan terima kasih, tetapi akan lebih bagus lagi apabila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komponen masyarakat sehingga penanganan Covid bisa ditangani dengan sebaik-baiknya,” tambahnya. 

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Mahasiswa Jadi Sukarelawan Covid-19

Menurut Presiden Jokowi, Kementerian PUPR telah bekerja optimal dalam mempersiapkan Asrama Haji Pondok Gede sebagai fasilitas isolasi dan karantina penanganan Covid-19.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam waktu 5 hari untuk siapkan wisma haji dikonversi menjadi rumah sakit,” ujarnya. 

“Saya tadi cek ke dalam, peralatan rumah sakit, kemudian pergantian AC, pembangunan lift untuk para pasien, saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap. Sehingga besok pagi rumah sakit wisma haji sudah bisa dioperasionalkan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga mengajak para mahasiswa untuk menjadi sukarelawan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Selain mahasiswa, Presiden Jokowi juga mengajak kader PKK dan Posyandu ikut membantu penanganan Covid-19.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Asrama Haji Pondok Gede Sebagai RS Covid-19, Mulai Beroperasi Besok

“Saya ajak kepada para mahasiswa, para pemuda pemudi, kepada ibu-ibu PKK, kader-kader Posyandu untuk bersama-sama bahu-membahu, bergotong-royong menjadi sukarelawan dalam penangan pandemi covid ini,” kata Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, Asrama Haji Pondok Gede menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit).

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jokowi menyampaikan pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk isolasi lainnya.

Yaitu, di Rumah Susun Nagrak sebanyak 2.273 tempat tidur dan di Rumah Susun Pasar Rumput sebanyak 3.986 tempat tidur.

Di samping itu, pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.