Kompas TV regional berita daerah

Persediaan Sempat Menipis, Gibran Akhirnya Pastikan Stok Oksigen di Kota Solo Aman

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 16:53 WIB
persediaan-sempat-menipis-gibran-akhirnya-pastikan-stok-oksigen-di-kota-solo-aman
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pastikan stok oksigen di sejumlah rumah sakit di Solo aman.

"Silakan dicek di rumah sakit seperti di RS dr Oen, di Hermina, di Ngipang sudah aman semua. Yang agak pendek di RS Bung Karno, ini baru kami usahakan. Aman-aman, suplai oksigen memang sedikit di seluruh Indonesia," kata Gibran sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (9/7/2021).

Gibran juga menjelaskan demi memastikan kebutuhan oksigen di Solo aman, pihaknya telah menyiapkan depo khusus penampungan oksigen di Solo Techno Park (STP) atau lokasi isolasi pusat pasien Covid-19.

Baca Juga: Kata Gibran Soal Permohonan 400 Tabung Oksigen untuk Proyek Atap Gor Manahan

Pihak yang diinstruksikan Gibran untuk menyiapkan depo khusus penampungan oksigen, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda).

Terlebih kebutuhan oksigen di Kota Bengawan juga terus meningkat, kurang lebih per harinya membutuhkan sebanyak 59 ton oksigen.

"Antisipasinya dengan membuat depo, Sekda sudah saya perintah bikin depo sendiri di STP. Kebutuhan oksigen di Solo per hari 59 ton, setiap hari seperti itu terus," tambahnya.

Diketahui sebelumnya, pada Jumat (9/7/2021) pagi, Palang Merah Indonesia (PMI) melaporkan ketersediaan oksigen di Kota Solo tinggal beberapa jam saja.

Hal tersebut dijelaskan Gibran karena adanya keterlambatan pengiriman.

Baca Juga: Kebutuhan Tabung Oksigen Pasien Covid Di Rsud Baubau Meningkat

Gibran memastikan stok oksigen sudah aman, bahkan di RS Bung Karno yang sebelumnya menipis kini stoknya aman terkendali.

Selain akan membuat depo khusus oksigen, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga telah menerima pasokan oksigen dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sudah dikirim dari Kendal. Iya dari Pak Luhut itu, sudah dikirim. Sebenarnya sudah dikirim dari kemarin malam tapi ya molor-molor dikit. Dah sudah aman," terang putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. 

Pihaknya berupaya pemenuhan oksigen tidak hanya untuk memasok kebutuhan di satu hari, melainkan pada hari-hari berikutnya.

Terkait stok oksigen Pemkot Solo terus berkoordinasi dengan rumah sakit dan memantaunya.

Baca Juga: Persediaan Tabung dan Gas Oksigen di Probolinggo Melimpah

"Tiap hari koordinasi terus. Kami pantau terus. Pokoknya memenuhi kebutuhan bukan hanya per hari tapi sampai hari-hari berikutnya. Tapi memang kebutuhan di Solo besar, BOR tinggi," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.