Kompas TV nasional sosial

Catat, Luhut Mau Pemerintah Jemput Bola Salurkan Vaksin Covid-19 dan Bansos ke Daerah Pinggiran

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 16:22 WIB
catat-luhut-mau-pemerintah-jemput-bola-salurkan-vaksin-covid-19-dan-bansos-ke-daerah-pinggiran
Seorang penyandang disabilitas tengah menerima suntikan vaksin Covid-19 di Wyataguna, Jalan Pajajaran, Kamis (8/7/2021). Pemerintah mesti menjemput bola menyalurkan vaksin dan bantuan pada masyarakat. (Sumber: KOMPAS.COM/AGIE PERMADI)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Penerapan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan meminta jajaran pemerintah untuk lebih proaktif dalam program vaksinasi Covid-19 dan penyaluran bantuan sosial.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi itu menginstruksikan hal itu pada tiap kepala kepolisian daerah (Kapolda) dan panglima komando daerah militer (kodam) di Jawa-Bali.

"Saya minta Kapolda dan Pangdam banyak lakukan patroli di daerah pinggiran. Vaksinasi nanti bisa langsung ke sana saja, di kawasan pinggiran itu," ujar Menko Luhut dalam rapat bersama pimpinan TNI-Polri, Jumat (9/7/2021), dilansir dari Antara.

Baca Juga: Luhut: Bantuan Alat Kesehatan dari Singapura Tiba di Indonesia Hari Ini

Luhut mengungkapkan, Indonesia akan mendapat tambahan persediaan 46 juta dosis vaksin Covid-19 pada Juli 2021 ini. 

Ia memerintahkan untuk memberikan vaksin itu pada warga di daerah marjinal yang tidak memiliki fasilitas kesehatan memadai.

"Saya mau yang daerah pinggiran atau area kumuh, kita jemput bola buat vaksin," kata Luhut.

Hal serupa, kata Luhut, juga harus dilakukan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos), seperti bantuan beras.

Sebab itu, Luhut memerintahkan TNI dan Polri untuk mencari lokasi masyarakat marjinal di tiap daerah sebagai sasaran pemberian bantuan secara tersasar (targeted).

"Sekali lagi micro targeted. Vaksin, obat, kemudian bansos yang berupa beras untuk mereka yang berada di kawasan pinggiran harus dapat terlaksana, jangan sampai mereka tidak bisa makan," imbuh Luhut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.