Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Sukarelawan Makamkan Jenazah Covid-19

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 12:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Memakamkam jenazah pasien Covid-19 hingga ke liang kubur bukanlah hal yang mudah. Untuk memakamkan satu jenazah pasien Covid-19, tim sukarelawan pemakaman Kabupaten Pekalongan harus berjalan menaiki perbukitan di tengah hutan.

Seperti inilah ketangguhan tim sukarelawan pemakaman Covid-19 dari PMI, BPBD dan Bagana Kabupaten Pekalongan saat memakamkam jenazah pasien Covid-19 di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Walaupun harus melewati jalan setapak dengan kondisi jalan yang menanjak dan berada di tengah hutan, tidak menyurutkan misi kemanusian yang mereka lakukan.

Delapan sukarelawan yang menggunakan APD lengkap bergantian memikul jenazah dengan menggunakan bambu menuju ke lokasi pemakaman, sementara satu sukarelawan menyemprotkan cairan disinfektan di sepanjang rute yang dilalui pembawa jenazah.

“Kemarin kita mendapat tugas di Kecamatan Petungkriyono yang masuk daerah perbukitan, kita terkendala dengan medan jalan dan kita harus mengupayakan beberapa tehnik untuk melakukan pemakaman yaitu dengan ditandu para sukarelawan yang berada di depan dan belakang karena jalannya setapak dari rumah hingga lokasi pemakaman,” kata Ponco Setyo Wijanarko, sukarelawan pemakaman.

Tim sukarelawan pemakaman harus menuruti keinginan keluarga jenazah pasien Covid-19 dan melayani masyarakat, mana kala mereka menginginkan penguburan yang lokasinya sangat sulit dilalui. Tim sukarelawan pemakaman jenazah Covid-19 juga harus selalu siaga mengingat pemakaman tidak mengenal waktu. 

#sukarelawan #covid19 #pemakaman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x