Kompas TV nasional berita utama

Diresmikan Presiden Jokowi Hari Ini, Asrama Haji Pondok Gede Tampung 900 Pasien Covid-19

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 07:49 WIB
diresmikan-presiden-jokowi-hari-ini-asrama-haji-pondok-gede-tampung-900-pasien-covid-19
Presiden Jokowi akan menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin Covid-19. (Sumber: Instagram @jokowi)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo akan meresmikan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19 hari ini, Jumat (9/7/2021).

Sebelumnya Senin (5/7/2021), Presiden Jokowi meninjau langsung kesiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19.

“Saya tadi sudah perintahkan agar dalam dua hari ini bisa diselesaikan sehingga nantinya hari Kamis (8/7/2021) kita harapkan sudah bisa dipakai dan dioperasikan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan, kesiapan fasilitas isolasi dan perawatan pasien Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede telah disiapkan oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga: KPK Jawab Keberatan Pegawai, Ingatkan Kementerian dan Lembaga Delegasi Wewenang dari Presiden Jokowi

“Saya sengaja bersama-sama dengan Pak Menteri Kesehatan dan juga Pak Menteri PU meninjau persiapan Asrama Wisma Haji di Pondok Gede untuk kita siapkan menjadi rumah sakit bagi penanganan Covid,” ujarnya.

“Yang ini, kita siapkan untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menuturkan pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jokowi menyampaikan pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk isolasi lainnya.

Yaitu, di Rumah Susun Nagrak sebanyak 2.273 tempat tidur dan di Rumah Susun Pasar Rumput sebanyak 3.986 tempat tidur.

Baca Juga: Jokowi: Terima Kasih Dokter, Nakes, dan Relawan Bekerja Pagi-Malam Atasi Covid-19

Di samping itu, pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Sebagai informasi, kasus baru positif Covid-19 terhitung sejak awal Juni 2021 mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Berdasarkan catatan KOMPAS TV, angka terakhir kasus baru positif Covid-19 hampir menyentuh angka 38.000 kasus pada Kamis (8/7/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.