Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia dan Thailand Pertimbangkan Vaksin Penguat di Tengah Keraguan Atas Vaksin Sinovac

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 01:05 WIB
indonesia-dan-thailand-pertimbangkan-vaksin-penguat-di-tengah-keraguan-atas-vaksin-sinovac
Vaksin Covid-19 besutan Moderna. Indonesia dan Thailand sedang mempertimbangkan untuk memberikan suntikan ketiga atau vaksin Covid-19 penguat kepada pekerja medis yang divaksinasi dengan vaksin Covid-19 buatan Sinovac, seperti dilansir Straits Times, Kamis (07/07/2021).(Sumber: Mohssen Assanimoghaddam / dpa via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK/JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia dan Thailand sedang mempertimbangkan untuk memberikan suntikan ketiga atau vaksin Covid-19 penguat kepada pekerja medis yang divaksinasi dengan vaksin Covid-19 buatan Sinovac, seperti dilansir Straits Times, Kamis (07/07/2021).

Langkah tersebut kemungkinan akan mengurangi kepercayaan publik terhadap produk China, yang selama ini menjadi alat vaksinasi Covid-19 utama mereka.

Beberapa negara termasuk Turki dan Uni Emirat Arab sudah mulai memberikan suntikan vaksin penguat kepada mereka yang divaksinasi dengan vaksin buatan China, di tengah kekhawatiran vaksin-vaksin tersebut mungkin tidak efektif melawan varian virus corona baru dan lebih menular.

Namun tantangan yang dihadapi Asia Tenggara jauh lebih besar. Banyak negara di kawasan ini sangat bergantung pada vaksin China karena terbatasnya pasokan produk Barat, dan runyamnya, negara-negara ini memiliki tingkat vaksinasi yang rendah kurang dari 10 persen.

Mereka juga terus memecahkan rekor kasus dan kematian baru, yang sebagian besar gara-gara virus Corona varian Delta yang sangat menular, sementara meningkatnya infeksi di antara pekerja medis meskipun mereka diimunisasi penuh dengan suntikan Sinovac makin memperlemah sistem perawatan kesehatan yang  sudah sudah tipis.

"Banyak dokter dan tenaga medis yang sudah dua kali divaksinasi tetapi bergejala sedang dan berat, bahkan meninggal dunia," kata Wakil Ketua IDI Slamet Budiarto kepada DPR, Senin (05/07/2021).

Indonesia sudah memvaksinasi jutaan petugas kesehatannya dengan suntikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac dan ribuan dari mereka sekarang dinyatakan positif Covid-19.

"Sudah waktunya bagi pekerja medis untuk mendapatkan booster ketiga untuk melindungi mereka dari dampak varian baru yang lebih ganas dan mengkhawatirkan," kata Melki Laka Lena, wakil ketua komisi parlemen yang mengawasi kesehatan.

Baca Juga: Meski Tak Diakui Singapura, Ahli Imbau Masyarakat Tak Ragu Pakai Vaksin Sinovac

juru bicara vaksinasi nasional Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi (Sumber: Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan)

Siti Nadia Tarmizi, pejabat dari Kementerian Kesehatan Indonesia, mengatakan sedang menunggu rekomendasi dari kelompok penasihat imunisasi dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia tentang penggunaan suntikan booster.

Sementara beberapa data dunia nyata menunjukkan vaksin Sinovac efektif terhadap rawat inap dan kasus Covid-19 yang parah, belum ada data terperinci tentang efektivitasnya terhadap varian Delta, yang pertama kali diidentifikasi di India.

Thailand, yang mengharapkan untuk menerima sumbangan 1,5 juta suntikan Pfizer-BioNTech dari Amerika Serikat akhir bulan ini, berencana untuk menggunakan vaksin buatan Pfizer untuk memvaksinasi tambahan 700.000 pekerja medisnya, yang sebagian besar sudah menerima dua suntikan Sinovac.

Pejabat kesehatan senior Udom Kachintorn mengatakan rencana itu ditujukan untuk meningkatkan kekebalan, karena varian Delta meningkatkan beban kasus dan sejumlah pekerja medis yang telah divaksinasi penuh dengan Sinovac menjadi terinfeksi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x