Kompas TV nasional politik

PKS Sesalkan Sikap Rektorat UNNES yang Intimidasi BEM Usai Kritik Wapres dan Puan

Kamis, 8 Juli 2021 | 10:41 WIB
pks-sesalkan-sikap-rektorat-unnes-yang-intimidasi-bem-usai-kritik-wapres-dan-puan

 

Tangkapan unggahan aksi digital BEM KM Unnes yang mengkritik Wapres Maruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani (Sumber: Twitter BEM KM Unnes )

JAKARTA, KOMPAS TV - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Unnes mengkritik Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Ketua DPR Puan Maharani dalam aksi digital. Dalam gambar yang diunggah di Twitter, BEM KM Unnes menyebut Wapres Ma’ruf Amin sebagai "The King of Silent". Kemudian RI Puan Maharani sebagai "The Queen of Ghosting". 

Tak lama setelah itu mereka langsung mendapatkan "pembinaan" dari pihak Rektorat UNNES. Aksi tersebut pun disesalkan oleh sejumlah kalangan, karena itu menghambat tugas mahasiswa untuk menjadi pengawas jalannya sebuah pemerintahan. 

"PKS menilai, kritikan dari mahasiswa terhadap situasi sosial politik bangsa adalah penting untuk memotret dinamika demokrasi kita. Jangan ada intimidasi dan pemanggilan terhadap kelompok kritis, apalagi itu datang dari mahasiswa sebagai kekuatan moral bangsa," kata Ketua DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021). 

Baca Juga: BEM KM Unnes Kritik Wapres dan Puan Lewat Media Sosial

Menurut dia, dengan adanya tindakan yang berlebihan terhadap kelompok-kelompok yang kritis menandakan demokrasi Indonesia kian berada di titik paling rendah.
 
"Jangan sampai tindakan-tindakan yang berlebihan dalam menangani kritik ini semakin mengkonfirmasi betapa kehidupan demokrasi kita semakin cacat," ujarnya. 

Ia menyebut, seharusnya kritikan itu menjadi bahan introspeksi pemerintah dalam menjalani roda pemerintahan. 

"Karenanya sikap terbaik adalah jadikan kritik sebagai instrospeksi. Pesannya tentu agar pemerintah lebih serius dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa saat ini. Khususnya dalam menangani pandemi Covid-19 dan berbagai dampak akibatnya," kata dia. 

Sebelumnya, Melalui siaran pers yang ditandatangani Kepala UPT Pusat Humas Unnes Muhammad Burhanudin, Rektorat menilai aksi digital BEM KM Unnes yang mengkritik Wapres Ma’ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani kurang relevan dengan keilmuan.

Menurut Rektorat Unnes, kritik "The King of Silent" kepada Wapres Ma’ruf Amin serta "The Queen of Ghosting" kepada Ketua DPR Puan Maharani bernuasa penghinaan dan ujaran kebencian, bukan bernuansa akademik perguruan tinggi.

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Polda NTT Amankan Sembako Ilegal

Rabu, 22 September 2021 | 12:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19