Kompas TV regional berita daerah

Tak Hanya Unik, Paduan Mobil Mini dan Diorama juga Bisa Hasilkan Cuan

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 13:01 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Diorama atau pemandangan lingkungan rinci seperti asli ini, merupakan hasil karya warga Kota Pontianak. Dia adalah Firman Rusdian, yang merupakan penghobi mobil mini atau die-cast. Sejak 2019 lalu, pria yang kerap disapa Andes ini, mengembangkan hobinya menjadi pembuat diorama.

Berbagai detail bentuk lingkungan hingga bentang alam berhasil dibuat, terutama bentuk alam yang berkaitan dengan mobil. Seperti jalan curam pegunungan, hingga jalan berbatu melewati aliran sungai.

Kemampuan ini dia dapatkan secara otodidak, dan semua bentuk detail ini dibuat sendiri, berbekal sumber referensi, dan hasil riset yang dilakukannya.

Diorama ini, ia buat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di sekitar. Mulai dari menggunakan styrofoam sebagai dasar bentuk utama, detail menggunakan kawat nyamuk sebagai pagar lahan parkir, serbuk kayu menjadi pagar rumput, hingga detail-detail bebatuan serta bentuk aliran sungai yang dibuat dari bahan resin.

Tak jarang, Andes harus bereksperimen untuk menghasilkan detail-detail lingkungan. Bentuk-bentuk diorama, juga tak jarang diambil dari potret lingkungan sekitarnya.

Untuk membuat satu diorama, diperlukan waktu mulai dari satu hingga dua minggu, tergantung tingkat kesulitan, dan ide yang ada. Hasil-hasil karya Andes ini pun, menarik perhatian penghobi diorama di Kota Pontianak.

Jika ada penghobi yang tertarik, andes mematok harga diorama kecil mulai dari 75 ribu hingga 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk ukuran besar, mulai dari 250 ribu rupiah.

Untuk mengembangkan dioramanya, Andes mengaku kerap berkumpul dengan para penghobi mobil mini dan diorama lain, untuk saling bertukar pikiran dan inspirasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x