Kompas TV internasional kompas dunia

Saat Jet Tempur Rusia Kawal Pesawat AS P8 Poseidon di Atas Laut Hitam

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 04:27 WIB
Penulis : Theo Reza

RUSIA, KOMPAS.TV – Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah rekaman pantauan udara yang menunjukkan jet tempur SU-30SM Rusia tengah mengawal pesawat pengintai Amerika Serikat Boeing P-8 Poseidon pada Rabu (7/7)

Kejadian ini terjadi di atas Laut Hitam dekat perbatasan darat Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan pesawat pengintai ini tampaknya mendekati wilayah udara rusia sebelum akhirnya berhasil dicegat oleh Jet Rusia dan dikawal pergi.

Kementerian juga menyebutkan bahwa pesawat AS ini tak terdeteksi di wilayah udara Rusia.

Diketahui, Pesawat Boeing P-8 Poseidon ini memiliki spesifikasi dengan peralatan canggih miliknya yakni High Altitude Anti-Submarine Warfare Weapon Capability hingga AGM-88 Harpoon Anti Ship Missile.

Pada Oktober 2020 lalu, AS dan Indonesia sempat mengalami masalah karena izin pendaratan P-8 Posseidon.

Dilansir dari Reuters, Selasa (20/10/2020), pemerintah Indonesia disebut menolak proposal izin pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) P-8 Poseidon untuk mendarat dan mengisi bahan bakar di dalam negeri.

Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa permintaan AS tersebut mengejutkan pemerintah Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki kebijakan luar negeri bebas aktif, di mana Indonesia tidak pernah mengizinkan militer asing beroperasi.

Video Editor: Noval



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x