Kompas TV nasional peristiwa

Ini Opsi yang Dipilih Anies jika Kasus Baru Covid-19 Tidak Turun Selama PPKM Darurat

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 04:35 WIB
ini-opsi-yang-dipilih-anies-jika-kasus-baru-covid-19-tidak-turun-selama-ppkm-darurat
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau langsung ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). (Sumber: Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka opsi perpanjangan PPKM Darurat jika kasus baru di Ibu Kota tetap tinggi.

Anies menjelaskan, hasil PPKM Darurat yang berjalan saat ini dapat terlihat pada 10 sampai 14 hari mendatang. 

Jika angka kasus harian masih tinggi, maka mau tidak mau Pemprov DKI Jakarta akan memperpanjang PPKM Darurat, walaupun kebijakan dari pemerintah pusat PPKM Darurat berakhir pada 20 Juli 2021.

Baca Juga: Anies: Jangan Anggap Enteng, Hari Ini Kami Memakamkan 347 Jenazah Pasien Covid-19

"Kalau pun tidak terlihat kemajuan ada kemungkinan perpanjangan. Konsekuensinya lebih berat untuk kita semua," ujar Anies dalam Program Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu (7/7/2021). 

Anies menambahkan untuk meminimalkan opsi perpanjangan PPKM Darurat, sejumlah kebijakan telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Seperti menyiagakan Posko PPKM di tingkat kelurahan dan gugus tugas di tingkat RT/RW, menambah tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Kemudian meningkatkan jumlah tempat tidur, tenaga kesehatan serta menaikkan proses 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

Baca Juga: Momen Anies Ikut Cegat Pengendara di Penyekatan PPKM Darurat Daan Mogot

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga terus melakukan sosialisasi tetap di rumah dan inspeksi perusahaan nonesensial dan nonkritikal. 

Jika ditemukan pelanggaran aturan PPKM Darurat, Pemprov DKI tidak segan memberi sanksi. Termasuk penutupan kantor nonesensial dan nonkritikal yang masih mempekerjakan karyawan di kantor.

"Jadi lebih baik kita disiplin sekarang sehingga lebih cept tuntas dan kita bisa beraktivitas seperti semula," ujar Anies. 

Baca Juga: Pesan Anies ke Perusahaan: Profit Bisa Kembali, Nyawa yang Sudah Lepas Tidak Pernah Bisa Kembali

Diketahui, per 7 Juli 2021, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan tes PCR sebanyak 40.566 spesimen dari 24.399 orang. Hasilnya sebanyak 9.366 positif dan 15.033 negatif. 

Trend kasus positif aktif pada anak di bawah usia 18 tahun di DKI Jakarta juga masih bertambah. Sebanyak 13 persen dari 9.366 kasus positif hari ini adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Rinciannnya 876 kasus adalah anak usia 6 - 18 tahun dan 306 kasus adalah anak usia 0 - 5 tahun. Sedangkan, 7.268 kasus adalah usia 19 - 59 tahun dan 916 kasus adalah usia 60 tahun ke atas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x