Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Peringatkan Covid-19 Meningkat di Kawasan Mediterania Timur, Ini Penyebabnya

Rabu, 7 Juli 2021 | 21:37 WIB
who-peringatkan-covid-19-meningkat-di-kawasan-mediterania-timur-ini-penyebabnya
Seorang pekerja medis menerima suntikan vaksin Covid-19 Sinopharm di pusat perbelanjaan Iran Mall di Teheran, Iran. Foto diambil pada 17 Mei 2021. (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi, File)

BEIRUT, KOMPAS.TV – Setelah dua bulan terbilang menurun secara stabil, kasus penularan virus corona kembali meningkat di 22 negara di kawasan Mediterania timur.

Peningkatan ini dipicu oleh meningkatnya perjalanan internasioal, rendahnya perlindungan dan terbatasnya vaksinasi. Hal itu diungkapkan Badan Organisasi Dunia WHO pada Rabu (7/7/2021).

Kawasan itu –termasuk Teluk di Laut Mediterania, Afrika Utara dan negara-negara Asia– telah mengalami lebih dari 11 juta kasus penularan dan lebih dari 220.000 kematian sejak tahun lalu.

Iran adalah negara yang paling parah terdampak pandemi, disusul kemudian oleh Irak.

Baca Juga: WHO: Varian Delta Telah Menyebar ke Hampir 100 Negara, Dunia dalam Periode Berbahaya Pandemi

Ahmed Al-Mandhari, Direktur Regional WHO, memperingatkan bahwa lonjakan Covid-19 lain tampaknya akan terjadi selama bulan-bulan musim panas.

Sebab, negara-negara berjuang untuk menjaga perbatasan mereka tetap terbuka dan ekonomi mereka tetap aktif.

Meskipun ada upaya untuk meredam virus, katanya, rata-rata kasus baru mingguan dilaporkan lebih tinggi ketimbang di waktu yang sama pada tahun lalu.

Menurut Al-Mandhari, hak ini disebabkan karena berbagai faktor, termasuk terdeteksinya varian Delta di 13 dari 22 negara, dan terbatasnya distribusi vaksin.

Baca Juga: WHO Sebutkan Kerumunan di Euro 2020 Picu Lonjakan Infeksi Covid-19

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Tito Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tidak Ada Pasien Covid-19 di RSUD Kudus

Selasa, 21 September 2021 | 13:00 WIB
Berita Daerah

Demi Solar Sopir Truk Menginap di SPBU

Selasa, 21 September 2021 | 12:55 WIB
Berita Daerah

ATM Bank Jateng Dibobol Pencuri

Selasa, 21 September 2021 | 12:49 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19