Kompas TV nasional peristiwa

Gempa 5.2 M Guncang Sumba Tengah, Getaran Terasa Hingga Bima dan Labuan Bajo

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 09:39 WIB
gempa-5-2-m-guncang-sumba-tengah-getaran-terasa-hingga-bima-dan-labuan-bajo
Ilustrasi: logo BMKG. (Sumber: BMKG)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

NTT, KOMPAS.TV - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (7/7/2021) pagi.

Dilansir dari akun media sosial resmi BMKG, gempa dirasakan MMI II di Labuan Baju, sementara MMI III dirasakan di Bima, Waingapu, Waikabubak, dan Tambolaka.

"Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.2, Kedalaman: 49 km, 07 Jul 2021 07:38:06 WIB, Koordinat: 9.48 LS-119.71 BT (Pusat gempa berada di darat 20 km timur laut Waibakul), Dirasakan (MMI): II Labuan Bajo, III Bima, III Waingapu, III Waikabubak, III Tambolaka BMKG," cuit BMKG, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Gempa 5,3 M Guncang Gunungkidul DIY, Aktivitas Gunung Merapi Aman

Terjadi pada pukul 08.38 Wita, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono dikutip dari cuitan pribadinya gempa ini sempat membuat warga berhamburan ke luar rumah.

Sementara hingga kini, belum ada laporan terkait kerusakan yang disebabkan guncangan gempa yang berpusat di timur laut Waibakul.

Baca Juga: Fenomena Bediding, Sebutan BMKG Juanda untuk Cuaca Pagi yang Terasa Lebih Dingin, Apa Itu?

"Belum ada laporan kerusakan akibat gempa Sumba mag 5,0 pagi ini yang dirasakan warga oleh Sumba, Bima hingga labuan Bajo, meski warga sempa lari berhamburan ke luar rumah," cuit Daryono.

Berdasarkan pantauan BMKG, hingga pukul 08.25 WIB belum terlihat adanya aktivitas gempa susulan.

"Hingga pagi ini pukul 08.25 WIB, hasil monitoring BMKG terhdap Gempa Sumba M5,0 belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," kata dia.

Baca Juga: Info Cuaca BMKG Hari Ini: Jakarta Cerah, Tapi Masyarakat Diimbau untuk di Rumah Saja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x