Kompas TV entertainment lifestyle

Kucing Suka Menunggu di Depan Pintu Kamar Mandi, Ini Alasannya

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 09:28 WIB
kucing-suka-menunggu-di-depan-pintu-kamar-mandi-ini-alasannya
Ilustrasi Kucing Oren (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selain menggemaskan, kucing memang seringkali bertingkah yang menurut kita aneh. Salah satunya kebiasaan mengikuti kita ke kamar mandi.

Ternyata ada beberapa dugaan mengenai alasan kucing menunggu pemiliknya di depan pintu kamar mandi.

Berikut ini dugaan penyebab kucing menunggu pemiliknya di depan pintu kamar mandi menurut dokter hewan, dilansir dari Popsugar:

 

1. Memiliki rasa ingin tahu

Alasan lain dari kucing menunggu pemiliknya di depan pintu kamar mandi adalah rasa ingin tahunya yang tinggi. Seperti yang diketahui, kucing pada dasarnya hidup dalam teritorial.

Saat ia dihalangi untuk melihat atau memasuki ruangan tertentu di dalam rumah, ia akan merasa penasaran dan berusaha mencari tahu.

"Saat Anda memasuki kamar mandi, kucing Anda akan sedikit penasaran mengapa mereka dikucilkan. Kamar mandi adalah satu-satunya ruangan yang paling sering kita tutup daripada ruangan lain di rumah kita,“ sebut Mikel (Maria) Delgado, konsultan bersertifikat perilaku kucing dan pakar perilaku kucing di Rover.

Baca Juga: Restoran Ini Tak Jadi Tutup Setelah Foto Kucing Viral di Media Sosial

 

2. Mencari perhatian

Alasan yang mungkin menjadi penyebab kucing menunggu pemiliknya di depan pintu kamar mandi adalah mencari perhatian.

Dokter hewan dan direktur medis di Destination Pet dan pakar kesehatan hewan JustAnswer, Dwight Alleyne menjelaskan, ada banyak faktor yang membuat kucing melakukan hal ini, mulai dari yang berkaitan dengan kecemasan, rasa lapar, atau bahkan membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya.

"Kucing mengikuti kita ke kamar mandi mungkin merupakan cara mereka mencoba mengomunikasikan masalah untuk diperbaiki oleh kita," jelasnya

 

3. Ingin selalu dekat pemilik

Dwight Alleyne juga mengatakan, salah satu alasan kucing menunggu pemiliknya di depan pintu kamar mandi berkaitan dengan karakter kucing itu.

"Kucing yang penyayang senang berada di dekat pemiliknya di mana pun mereka berada," kata Alleyne.

Kucing yang memiliki kasih sayang dan ingin selalu dekat dengan pemiliknya tidak mengerti bahwa kamar mandi adalah ruang privat, sehingga ia bersikeras untuk mengikuti pemiliknya ke ruangan tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.