Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Catat! Wajib Disertakan saat PPKM Darurat, Ini Langkah Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 05:35 WIB
catat-wajib-disertakan-saat-ppkm-darurat-ini-langkah-download-sertifikat-vaksinasi-covid-19
Tangkapan layar tampilan sertifikat vaksinasi Covid-19 format baru. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai langkah menekan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah berjalan hingga hari kelima hari ini, Rabu (7/7/2021). 

Ada perbedaan mendasar pada pelaksanaan PPKM Darurat yang bakal berakhir pada 20 Juli nanti dibanding dengan PPKM sebelumnya.

Perbedaan itu adanya sertifikat vaksinasi Covid-19 kini menjadi salah satu syarat perjalanan jarak jauh, selain hasil tes RT-PCR dan hasil tes swab antigen.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, syarat ketat wajib vaksinasi Covid-19 merupakan upaya menekan mobilitas orang.

Menurutnya, dengan adanya persyaratan ketat ini, orang dengan urusan tak terlalu mendesak akan tetap tinggal di tempat dan tidak melakukan mobilitas.

Baca Juga: Viral Jasa Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Bermunculan, Ini Tanggapan Kemenkes

"Prinsip PPKM Darurat mengurangi mobilitas, jadi sebenarnya yang tidak perlu (bergerak) tidak melakukan perjalanan," kata Nadia, Sabtu (3/7/2021). 

Seiring dengan penetapan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalanan jarak jauh, pemerintah memperbarui tampilan sertifikat vaksinasi.

Kini, sertifikat vaksinasi dilengkapi dengan informasi jenis atau merek vaksin lengkap dengan nomor batch vaksin.

Lantas apa itu sertifikat vaksinasi Covid-19?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.