Kompas TV regional berita daerah

Viral Seorang Kakek Membeli Emas dengan Uang Receh 2 Karung

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 01:37 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Video seorang kakek di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, membeli perhiasan emas 28 gram menggunakan uang receh dua karung viral di media sosial. Video itu diunggah oleh akun instagram @Andreli48 pada rabu, 30 juni lalu.

 

Pengemis tersebut bernama Januri, warga Desa Baros, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Lansia tujuh puluh lima tahun, datang ke toko emas di jalan diponegoro Ketanggungan, Brebes untuk membeli perhiasan emas pada rabu kemarin.

 

Pengemis tersebut datang dengan menumpang mobil bak sambil membawa dua karung uang. Setiba di kompleks pasar, ia turun dan berjalan masuk ke toko emas. Kepada karyawan toko kakek Januri mengatakan akan membeli emas.

 

Meski penampilan tampak kurang meyakinkanb, pelayan toko ini tetap melayani layaknya pelanggan lain. Selanjutnya, saat dilihat isi dalam karung, ternyata berisi uang receh pecahan dua ribu, seribu sampai uang koin lima ratusan.

 

Butuh waktu dua jam untuk menghitung uang itu dan prosesnya melibatkan empat orang pelayan toko. Setelah dihitung, uang yang dibawa jumlah totalnya nya sembilan juta empat ratus ribu rupiah.

 

Dengan uang tersebut, Januri membeli emas sebanyak dua puluh delapan gram dalam bentuk kalung sepuluh gram dan dua buah gelang seberat delapan belas gram.

 

Pemilik toko emas, Hengky Wibowo mengatakan, saat membeli emas, pengemis tersebut tidak membawa kartu identitas apapun. Ia hanya mengatakan nama dan Desa tempat tinggal serta asal uang tersebut. Januri diketahui mengumpulkan uang hasil meminta minta selama dua tahun untuk keperluan tabungan masa tuanya.

 

Saat pemilik toko meminta Januri agar ditemani karyawannya mengantar pulang, ia menolaknya. Rumah tempat tinggal Januri hingga kini belum diketahui. Ditengarai, Januri ini mengemis di tempat lain yang jauh dari tempat tinggalnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x