Kompas TV internasional kompas dunia

Volkswagen Jual Bugatti ke Pabrikan Supercar Elektrik Kroasia Rimac Automobili

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 17:49 WIB
volkswagen-jual-bugatti-ke-pabrikan-supercar-elektrik-kroasia-rimac-automobili
Bugatti Chiron Supersport. Rimec Automobili yang berbasis di Kroasia mengambil alih Bugatti dari Volkswagen (Sumber: Bugatti )
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

ZAGREB, KOMPAS.TV -- Perusahaan teknologi mobil listrik super Kroasia, Rimac Automobili, pada Senin (05/07/2021) mengumumkan telah mengambil alih merek hypercar Bugatti dari Volkswagen. Seperti dilansir Xinhua, Selasa, (06/07/2021), Mate Rimac, pendiri Rimac Automobili, akan memimpin perusahaan yang baru dibentuk, Bugatti Rimac.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Rimac Group akan menjadi pemegang saham utama Bugatti Rimac, dengan saham sebesar 55 persen, dan Porsche dengan saham 45 persen.

Mate Rimac akan mempertahankan kepemilikan saham awalnya di Rimac Group sebesar 37 persen, dengan Porsche sebesar 24 persen, Hyundai Motor Group 12 persen, dan investor lainnya 27 persen.

Dalam rilis persnya, Rimac Automobili mengatakan, pengembangan, produksi, dan pasokan sistem baterai, yang merupakan keunggulan perusahaan itu, akan dipisahkan menjadi entitas baru, Rimac Technology, yang akan 100 persen dimiliki oleh Rimac Group.

Baca Juga: Volkswagen Buat Mobil Listrik, Diberi Nama Voltswagen

Perusahaan teknologi mobil listrik super Kroasia, Rimac Automobili, pada Senin (05/07/2021) mengumumkan mereka mengambil alih merek hypercar Bugatti dari Volkswagen. Seperti dilansir Xinhua, Selasa, (06/07/2021) (Sumber: AP Photo/Rimac Automobili)

Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif di Porsche AG, mengatakan, Bugatti adalah merek yang kuat dan mapan dengan pengalaman luas dalam bisnis hypercar.

"Kedua mitra akan mendapat manfaat yang sama dari kombinasi yang benar-benar ideal ini. Porsche akan menjadi mitra yang kuat dan akan mendukung perusahaan baru. Saya yakin perusahaan baru ini memiliki masa depan yang cerah di depan," katanya.

Kedua merek akan terus beroperasi secara independen, dengan Rimac Automobili akan tetap berada di Kroasia dan produksi Bugatti berlanjut di Prancis.

Markas global Bugatti Rimac akan terletak di pinggiran ibu kota Kroasia Zagreb, di Rimac Campus, yang akan dibuka pada 2023.

Kantor itu akan menjadi basis untuk semua penelitian dan pengembangan hypercar Rimac dan Bugatti di masa depan, kata rilis tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.