Kompas TV nasional berita utama

BPIP Ajak Masyarakat Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan Atasi Covid-19

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 14:08 WIB
bpip-ajak-masyarakat-tingkatkan-solidaritas-kemanusiaan-atasi-covid-19
Rumah sakit dan tenaga medis kewalahan merawat pasien akibat lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini. Pada Kamis (24/6/2021) Indonesia mencetak rekor terbaru dengan 20.574 kasus harian Covid-19.. (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan solidaritas kemanusiaan untuk mengatasi Covid-19. Lantaran, satu bulan terakhir angka kasus aktif Covid-19 meningkat tajam dan berdampak pada kondisi sosial, ekonomi, dan politik.

Demikian Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo mengatakan dalam keterangan tertulis Selasa (6/7/2021).

“Saatnya kita untuk menyerukan solidaritas kemanusiaan untuk mengatasi Covid-19 ini,” kata Romo Antonius Benny Susetyo.

“Karena kelangkaan oksigen, obat-obatan, sembako meyebabkan mereka yang terkena covid semakin menderita,” tambahnya,

Lebih lanjut, Benny Susetyo, menegaskan mengutuk keras oknum pedagang yang sewenang-wenang menaikkan harga obat-obatan dan alat penunujang untuk sembuh dari Covid-19. Bagi Benny Susetyo, perbuatan tersebut melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan.

Baca Juga: Kekurangan Tenaga Kesehatan, Wagub DKI Minta yang Berkompetensi Daftar Jadi Relawan Covid-19

“Maka kami berharap, ayo semua masyarakat bahu-membahu menangani Covid-19 dengan meringankan beban kepada pasien,” serunya.

Benny Susetyo yakin jika upaya pemerintah, tenaga medis, dokter, diperkuat dengan solidaritas masyarakat maka kasus covid-19 akan teratasi.

“Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang memilki solidaritas tinggi, maka kami yakin dengan solidaritas anak-anak bangsa, kita yakin kasus Covid-19 akan teratasi,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Benny juga berharap dalam situasi darurat penanganan Covid-19 tidak ada yang saling menyalahkan. Pemerintah, sambung Benny, sudah berusaha dan berupaya maksimal untuk mengatasi kasus Covid-19.

Baca Juga: Lawan Varian Delta, Menkes Sebut Jokowi Ingin Vaksinasi Dapat Dipercepat hingga 5 Juta per Hari

“Saatnya dengan situasi darurat ini kita bersatu, jangan kita kalah jangan-lah kita saling menyalahkan,” ujarnya.

“Karena pemerintah sudah berupaya dan berusaha untuk mengatasinya,” lanjutnya.

Benny lebih lanjut meminta seluruh masyarakat untuk terus disiplin menjalani protokol kesehatan dan PPKM Darurat. Sebab, sambung Benny, peran serta masyarakat dalam disiplin protokol kesehatan dan PPKM Darurat sangat penting untuk menekan angka kasus positif Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.